Dark/Light Mode

Prakiraan Cuaca DKI Jakarta, Besok Selasa 4 Juli 2023, BMKG: Jaksel Waspada

Senin, 3 Juli 2023 21:37 WIB
Ilustrasi. Prakiraan BMKG untuk cuaca besok di wilayah DKI Jakarta, Selasa 3 Juli 2023. (Foto: RM.ID/M Ade Al Kautsar)
Ilustrasi. Prakiraan BMKG untuk cuaca besok di wilayah DKI Jakarta, Selasa 3 Juli 2023. (Foto: RM.ID/M Ade Al Kautsar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan besok, Selasa (4/7) sore hari. 

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jaksel pada sore hari," bunyi peringatan dini di laman BMKG, untuk prakiraan cuaca Jakarta, besok (3/7).

Berikut adalah perkiraan cuaca untuk beberapa wilayah di DKI Jakarta selengkapnya esok hari:

1. Jakarta Barat

Pagi hari akan dimulai dengan cuaca berawan di Jakarta Barat, namun pada siang hari, cuaca akan menjadi cerah berawan. Saat malam tiba, langit akan kembali berawan dan akan berlanjut hingga dini hari. Suhu diperkirakan berkisar antara 24 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembapan udara sekitar 60 hingga 80 persen.

2. Jakarta Pusat

Baca juga : Prakiraan Cuaca Wilayah Jakarta Besok, Senin, 3 Juli 2023, BMKG: Tidak Hujan

Cuaca di Jakarta Pusat pada pagi hari diprediksi cerah berawan. Selama siang hari, cuaca tetap cerah berawan. Ketika malam tiba, langit akan kembali berawan. Dini hari menjelang, langit di Jakarta Pusat masih akan terlihat berawan. Suhu diperkirakan berkisar antara 25 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembapan udara sekitar 75 hingga 85 persen.

3. Jakarta Selatan

Pagi hari di Jakarta Selatan akan dimulai dengan cuaca cerah berawan. Namun, pada siang hari, warga di wilayah ini harus bersiap-siap menghadapi hujan ringan. Hujan ringan juga diperkirakan akan turun pada malam hari. Ketika dini hari menjelang, langit akan kembali berawan. Suhu diperkirakan berkisar antara 24 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembapan udara sekitar 65 hingga 85 persen.

4. Jakarta Timur

Cuaca di Jakarta Timur pada pagi hari akan cerah berawan. Namun, saat siang hari tiba, warga harus siap-siap dengan hujan ringan. Pada malam hari, langit akan berawan, dan akan berlanjut hingga dini hari. Suhu diperkirakan berkisar antara 24 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembapan udara sekitar 65 hingga 85 persen.

5. Jakarta Utara

Baca juga : Prakiraan BMKG Untuk Cuaca DKI Jakarta, Besok, Sabtu 1 Juli 2023: Jakbar Hujan

Pagi hari di Jakarta Utara akan dimulai dengan cuaca cerah berawan. Saat siang hari, cuaca tetap cerah berawan. Pada malam hari, langit akan berawan. Ketika dini hari menjelang, langit di Jakarta Utara masih akan terlihat berawan. Suhu diperkirakan berkisar antara 25 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembapan udara sekitar 75 hingga 85 persen.

6. Kepulauan Seribu

Pagi hari di Kepulauan Seribu akan terasa cerah berawan. Namun, saat siang hari, langit akan menjadi berawan. Pada malam hari, cuaca di Kepulauan Seribu juga akan tetap berawan. 

Namun, dini hari menjelang, hujan ringan diprediksi akan turun di wilayah ini. Suhu diperkirakan berkisar antara 26 hingga 31 derajat Celsius dengan kelembapan udara sekitar 75 hingga 90 persen.

Dengan prakiraan cuaca yang telah disampaikan, warga DKI Jakarta dapat mempersiapkan diri dengan baik. Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, perlu waspada terhadap potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat. 

Selain itu, warga juga perlu memperhatikan perbedaan suhu dan kelembapan udara di masing-masing wilayah. Suhu dan kelembapan udara yang tinggi dapat membuat kondisi menjadi lebih panas dan lembap.

Baca juga : Prakiraan Cuaca DKI Jakarta, Besok Jumat, 30 Juni 2023, Cek Wilayah Yang Diguyur Hujan

Untuk menghadapi cuaca yang beragam, disarankan bagi warga untuk selalu membawa payung atau jas hujan ketika keluar rumah, terutama di wilayah yang berpotensi hujan. 

Juga, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kecukupan cairan tubuh.

Selain itu, perhatikan juga lalu lintas jika Anda berencana bepergian. Cuaca yang buruk seperti hujan dapat mempengaruhi kondisi jalan, sehingga memungkinkan terjadinya kemacetan atau bahkan kecelakaan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.