Dark/Light Mode

Jika Menang Di Pilkada Depok

Kaesang Ukir Prestasi

Senin, 3 Juli 2023 07:45 WIB
Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo. (Foto: Ist)
Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep diharapkan terjun di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok. Dia bakal dinilai tidak memiliki kekuatan, bila cuma terjun di daerah basis pendukung kuat atau menang di Kandang Banteng.

Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengata­kan, meskibelum terdaftar se­cara resmi sebagai bakal calon Wali Kota Depok, keberanian Kaesang menyatakan siap men­jadi ‘Depok Pertama’ harus diacungi jempol.

Sebab, dia telah berani menya­takan siap turun di daerah yang notabene bukan kandang dari partai yang menaungi keluarganya, PDI Perjuangan (PDIP).

Baca juga : Digitalisasi Pertanian Di Wonogiri, INDICO Kerek Kesejahteraan Petani

“Secara teknis, Kaesang se­dang menari di atas ‘Rumah PKS’. Karenanya, ia harus benar-benar maju di Pilkada Kota Depok, untuk membuktikan ke­mampuannya di dunia politik,” ujar Karyono kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia menambahkan, kemenanganKaesang di Pilkada Kota Depok, akan menjadi catatan prestasi pemilk usaha ‘Sang Pisang’ itu.

“Kalau maju di daerah yang massa PDIP-nya besar dan Kaesang menang, itu biasa saja. Tapi, bila berhasil menang di luar kandang banteng, itu luar biasa. Kalaupun kalah, Kaesang masih dinililai memiliki prestasi, karena berani main di luar kan­dang,” tegasnya.

Baca juga : Gagal Urus Inflasi, Siap-siap Dipecat

Soal keanggotan Kaesang di PDIP, Karyono meyakini, cepat atau lambat ia akan masuk PDIP. Sebab, secara ideologi, garis perjuangan dan keberaniannya sudah mirip kader banteng.

“Itu (gabung PDIP) cuma soal waktu. Seluruh keluarga Jokowi memiliki kedekatan emosional dan ideologi dengan PDIP,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mengatakan, pihaknya akan tegak lurus dan patuh ter­hadap seluruh aturan partai. Ia memastikan, DPC PDIP Kota Depok akan berjuang untuk memenangkan siapapun yang direkomendasikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Baca juga : Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Jaksel Gandeng Universitas Trilogi

Dari radar PDIP Kota Depok, lanjut dia, sudah ada dua bakal calon yang ramai dibahas di raung publik, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri dan Kaesang Pangarep. “PDIP siap mengusung Kaesang maupun Supian Suri ja­di wali kota. Pertanyaan, apakah Kaesang atau SS siap diusung?” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku siap memenangkan Kaesang di Pilkada Kota Depok. Namun, ia menegaskan, keputusan pencalonan Kaesang ada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.