Dark/Light Mode

Para Menteri, Catat Nih Pesan Presiden

Persaingan Politik Jangan Hambat Program Kerja

Selasa, 4 Juli 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan pada sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/7). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan pada sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/7). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tahun politik, Presiden Jokowi memberi pesan tegas kepada para anak buahnya di kabinet. Presiden berpesan agar persaingan politik jangan sampai hambat program kerja pemerintah. Ayo para menteri, catat nih!

Pesan itu disampaikan Jokowi saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna yang membahas soal Pelaksanaan APBN Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, kemarin. Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para menteri dan kepala lembaga hadir dalam sidang tersebut.

Baca juga : Demokrat Rawan Kejebak Perangkap Politik Banteng

Jokowi membuka sidang dengan memberikan arahan, setelah itu sidang digelar secara tertutup. Dalam arahannya, Jokowi bersyukur karena pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif tinggi di atas 5 persen.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga bersyukur Bank Dunia kembali memasukkan Indonesia ke dalam grup upper middle income countries atau negara berpenghasilan menengah ke atas di tahun 2023. Mengingat saat pandemi Covid-19 menghantam, Indonesia turun ke grup lower income countries atau negara berpenghasilan menengah ke bawah pada tahun 2020 hingga 2022.

Baca juga : Pelajaran Politik Dari Ratu Balqis

Kendati demikian, Jokowi meminta para menteri dan kepala lembaga untuk tetap waspada. Sebab, tantangan yang dihadapi Indonesia di paruh kedua 2023 tidak mudah.

Berbagai lembaga internasional, lanjut Jokowi, seperti International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia memprediksi perlambatan ekonomi global karena inflasi, dan kenaikan tingkat suku bunga. Tantangan ini yang harus dikelola sebaik mungkin agar ekonomi tumbuh positif di semester kedua.

Baca juga : Putu Rudana Minta Pemerintah Beri Perhatian Khusus Ke Madura

“Jaga inflasi di daerah dan pastikan capaian investasi sesuai target. Kemudian untuk pangan pastikan ketersediaan pupuk tepat sasaran. Dan jaga stabilitas moneter dan stabilitas sektor perbankan ini juga sangat penting,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.