Dark/Light Mode

Gandeng World Friends Korea, Pandu Digital Genjot Literasi Digital Di Indonesia

Rabu, 19 Juli 2023 16:22 WIB
Seminar dan workshop dalam pembentukan pandu digital yang digelar Kemenkominfo. (Foto: Dok. Kemenkomkinfo)
Seminar dan workshop dalam pembentukan pandu digital yang digelar Kemenkominfo. (Foto: Dok. Kemenkomkinfo)

 Sebelumnya 
Selain itu memberikan manfaat dan inspirasi bagi kita semua. Mari kita berkarya bersama mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital," tambah Boni.

Dalam seminar ini dilaksanakan Peserta kegiatan pembentukan yang lulus menjadi Pandu Digital Purwa (Badge Merah) selanjutnya mendapatkan pelatihan intensif secara online.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber-narasumber dari program World Friends Korea diantaranya NaYoung Koo (Sejong University), Yun Su Nam (The Korea Advanced Institute of Science and Technology), Yein Kim (Catholic University), dan Jae Hyeon Yun (Seoul National University).

Baca juga : PSSI-Bundesliga Sepakat Genjot Prestasi Sepakbola Indonesia

“Kami telah memilih dua tim untuk melaksanakan program ICT volunteer secara online bekerjasama dengan ITG dan SMK Insan Kreatif," ujar Kepala Eksekutif NIA, Myungha Hong.

Myungha Hong menambahkan tim virtual ini akan terlibat dengan siswa dan pendidik, untuk memberikan wawasan [materi] tentang otomatisasi kantor, pemrograman Python, dan kecerdasan buatan.

"Dengan memanfaatkan platform online, kami bertujuan untuk melampaui batas geografis dan memberikan dampak jangka panjang pada lanskap pendidikan”, ujar Myungha Hong.

Baca juga : BRIN Gandeng UTM Tingkatkan Kolaborasi Riset Dan Inovasi

Sesi pembukaan kegiatan Pembentukan Pandu Digital turut dihadiri oleh Rektor ITG, Hilmi Aulawi, dan Sekretaris Jenderal Relawan TIK, Said Hasibuan.

Pembentukan Pandu Digital merupakan salah satu upaya literasi digital untuk segmen pendidikan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo.

Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.