Dark/Light Mode

Sri Mul Bicara Pilpres Ke Milenial

Ojo Gumunan, Ojo Kagetan!

Jumat, 21 Juli 2023 07:45 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan kata sambutan dalam kegiatan Indonesia Data and Economic Conference Katadata di Jakarta, Kamis (20/7/2023). (ANTARA/Imamatul Silfia)
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan kata sambutan dalam kegiatan Indonesia Data and Economic Conference Katadata di Jakarta, Kamis (20/7/2023). (ANTARA/Imamatul Silfia)

 Sebelumnya 
“Ojo gumunan (jangan heran), ojo kagetan (jangan kaget). Itu hanya akan terjadi kalau anda tahu data, you are not going to be gumun. Siapa yang nggak tahu gumun di sini? Gumun is actually amaze, tiap kali kaget-kaget kenapa Indonesia begini ya, kenapa dunia begini ya,” tuturnya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu ingin masyarakat Indonsesia mengikuti perkembangan yang terjadi. Khususnya generasi milenial yang kaya akan pengetahuan, melek teknologi, dan mudah mendapatkan informasi.

Dengan begitu, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, baik di Indonesia maupun di dunia, generasi muda tidak kaget dan terbengong. “Jadi generasi yang you know where to go, you design your own path dan make sure bahwa Indonesia akan menuju ke tujuan yang telah kita semua sepakati,” ujarnya.

Baca juga : PKS Kudu Usung Milenial, Jangan Jagokan Petahana

Di tempat terpisah, Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin justru kaget dengan Sri Mul yang tiba-tiba bicara Pilpres. Namun, Ujang menganggap, sebagai pejabat yang paham soal kondisi ekonomi, wajar Si Mul menyampaikan pesan kepada generasi milenial terkait pilihan politiknya.

“Sri Mulyani juga ingin memiliki pengaruh, koneksi, dan keterikatan dengan anak-anak muda yang pada Pemilu selanjutnya menjadi pemilih terbesar,” ulas Ujang, saat dihubungi, tadi malam.

Menurutnya, pesan kehati-hatian yang disampaikan Sri Mul sangat positif. Meskipun, akan ada pihak yang mungkin menafsirkannya sebagai kepentingan politik kelompok tertentu.

Baca juga : Gardu Ganjar Bikin Ngobrol Bareng Milenial Di Serang Banten

“Karena milenial menjadi pemilih terbesar dalam Pemilu 2024. Maka, segmen milenial digunakan untuk mendapatkan simpati mereka,” tegas Ujang.

Di dunia maya, pesan yang disampaikan Sri Mul kepada milenial terkait pilihan politik mendapat beragam komentar. “Kasih kode bu capres mana yang oke untuk ekonomi Indonesia ?” tanya @FukusimaX.

“Mudah-mudahan mahasiswa milineal bisa berfikir secara jernih. Jangan terpengaruh pencitraan sosmed yang nggak jelas kegiatannya....” imbuh @syahli_sitorus.

Baca juga : Jubir Muda PAN: Didukung Peran Milenial, Pembangunan Harus Berkelanjutan

“Kami milenial sudah pada cerdas, dan mereka tahu mana figur Bacapres yang cuma banyak gagasan atau bersilat lidah, dan mana Bacapres yang bisa bekerja serta sungguh2 melayani masyarakat,” tegas @DAzp16.

Namun, ada juga yang justru mencibir wejangan yang disampaikan Sri Mul itu. “SMI juga ikut-ikutan cawe-cawe. Sudah lah bu. Mending kerja dengan World Bank saja. Nggak usah balik Indonesia, capek kita,” sindir @Emaicia. “Perasaan yang kagetan para pejabatnya deh. Kaget dan nggak tahu, lagi ngetren,” timpal @nakula8888.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 21/7/2023 dengan judul Sri Mul Bicara Pilpres Ke Milenial, Ojo Gumunan, Ojo Kagetan!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.