Dark/Light Mode

BPIP Kuatkan Ideologi Pancasila Dan Semangat Kebangsaan Gen Z

Jumat, 21 Juli 2023 13:23 WIB
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menggugah, semangat kebangsaan para generasi Z, siswa-siswi SMA se-Kota Bekasi dengan pemahaman sejarah dan kehebatan Bangsa Indonesia pada acara Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bagi Pelajar di SMA Negeri 11 Kota Bekasi.

Di hadapan ratusan siswa-siswi SMA se-Kota Bekasi ini, Yudian memantik semangat para Gen Z dengan menggambarkan pemikiran dan jiwa patriotik para pejuang pemuda terdahulu. 

“Tidak pernah terjadi di muka bumi dalam sejarah umat manusia, kecuali di Indonesia yaitu anak-anak muda yang (tadinya) disiapkan menjadi pegawai penjajah, tapi dalam 20 tahun saja mereka bersumpah untuk memerdekakan Bangsa Indonesia melawan penjajah. Itulah Sumpah Pemuda," ujarnya, Kamis (20/7).

Baca juga : Gandeng UP, BPIP Siap Gaungkan Pancasila Ke Penjuru Dunia

Yudian menjelaskan, peristiwa Sumpah Pemuda merupakan cikal bakal kemerdekaan Bangsa Indonesia yang patut disyukuri dengan cara menorehkan prestasi dan berkontribusi bagi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia pada masa yang akan datang.

“Tujuh belas tahun kemudian, mereka mempersembahkan sumpah itu menjadi proklamasi. Padahal sarjana kita saat itu baru 175 orang. Lebih hebat lagi, adik-adik, yang selevel dengan kalian hanya 400 orang yang tamat SMA. Tapi mereka mampu mempersembahkan proklamasi terbaik di muka bumi sepanjang sejarah,” sambung Yudian dan disambut riuh para pelajar.

Kepada para pelajar, Yudian berpesan agar para pemuda selalu menjunjung tinggi persatuan dengan keimanan di bawah Pancasila. “Kita inilah bangsa yang paling dikasihi oleh Tuhan. Mengapa? Karena kita beriman dan bersatu di bawah Pancasila. Bung Karno sudah memberikan contoh nyata dengan Pancasila, Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani. Jangan tergoda oleh ideologi lain," tutup Yudian.

Baca juga : UP Gandeng BPIP Perkuat Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

Sementara itu, Deputi Bidang Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Prakoso menuturkan, saat ini diperlukan penguatan karakter terhadap para pelajar sebagai generasi pemimpin pada 2045.

“Penguatan karakter sangat perlu dilakukan terhadap para pelajar kita. Tentunya karakter pelajar Pancasila untuk menjadi bekal mendasar sebagai pondasi kepemimpinan Bangsa Indonesia masa depan. Oleh karena itu, sekarang mata pelajaran Pendidikan Pancasila kembali diberikan kepada para siswa, mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi," ungkapnya.

Sosialisasi PIP yang bertajuk “Gen Z, Pancasila dan Masa Depan Indonesia” ini diisi pula, talk show dengan pembicara di antaranya, Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP Agus Moh. Najib, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Bekasi, I Made Supriyatna, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Bekasi, Endang Kustantiningsih; dan perwakilan pelajar.

Baca juga : Kelola Dana Amanat, BPJS Kesehatan Gelontorkan Klaim 113,47 Triliun

Acara ini dihadiri juga Wakil Kepala BPIP Karjono, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bekasi, Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Kota Bekasi, dan para Guru Pendamping se-Kota Bekasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.