Dark/Light Mode

Sinergi Bareng Hotel Borobudur, Paguyuban LAMAHU Perkenalkan UMKM Kuliner Khas Gorontalo

Minggu, 23 Juli 2023 21:14 WIB
Paguyuban LAMAHU isi kemerahan acara Discover Gorontalo 2023 mulai dari pesta kuliner hingga live music di Backyard Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (23/7).
Paguyuban LAMAHU isi kemerahan acara Discover Gorontalo 2023 mulai dari pesta kuliner hingga live music di Backyard Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (23/7).

 Sebelumnya 
Sekretaris panitia penyelenggara, Yuli Dunda menyebutkan, setidaknya ada 23 UMKM yang ikut serta bahkan lebih.

"UMKM ada ada 23 bahkan ada satu meja itu tiga UMKM karena keterbatasan tempat. Namun antusiasme peserta cukup tinggi," katanya.

Tidak hanya barang-barang kerajinan, kata dia di backyard Hotel Borobudur ini khusus kuliner-kuliner asal Gorontalo.

"Kami memperkenalkan makan khas Gorontalo, untuk mengobati kerinduan masyarakat terhadap makanan Gorontalo yang sulit di dapat di Jakarta," ujarnya.

Para peserta dan pedagang kuliner berasal dari Jabodetabek yakni Bekasi, Bogor, Tangerang dan Tanjung Priok.

"Ada juga dari luar Gorontalo, mereka diajak untuk mengetahui kebudayaan, kerajinan dan kuliner. Sebelumnya, ikasmansa juga telah menyelenggarakan kegiatan yang sama," ungkapnya.

Baca juga : Gandeng Universitas Telkom, Pemkab Muba Sediakan Kuliah Gratis

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sejak awal bulan Juli 2023 sampai akhir bulan.

Dan berharap kegiatan Discover Gorontalo bisa diselenggarakan lagi di tahun-tahun berikutnya.

"Harapan saya kegiatan ini bisa diselenggarakan tiap tahun, karena bisa semakin mempererat hubungan sesama orang Gorontalo di rantau, selain itu orang luar juga bisa kenal makanan dan budaya masyarakat Gorontalo," harapnya.

Ketua Panitia Discover Gorontalo 2023 Gorontalo Modunggaya yang juga ketua I paguyuban LAMAHU, Hamzah Isa mengungkapkan, acara tersebut terselenggara atas kerja sama Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Hotel Borobudur sejak tanggal 1 Juli hingga 30 Juli 2023 nanti.

"Kegiatan ini tiap weekend diselenggarakan dengan konsep country night dan Farmer Market yang menjual kerajinan dan kuliner.

"Di sini bukan pedagang besar atau restoran besar atau bisa disebut pasar rakyat Gorontalo," jelasnya.

Baca juga : KST Jabar Berikan Bantuan Dan Borong Dagangan UMKM Di Kabupaten Garut

Menurutnya, lrakarsa dari pemprov dengan Hotel Borobudur sangat bagus karena pihak Hotel Borobudur ingin lebih memperkenalkan keunggulan provinsi - provinsi yang belum top.

"Intinya ingin mengangkat daerah yang belum populer menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas termasuk wisatawan domestik maupun mancanegara," paparnya.

Sementara Sekjen Paguyuban LAMAHU, Syaiful Ngiu di Hotel Borobudur secara full menampilkan produk-produk khas provinsi Gorontalo.

"Itu langsung dari Gorontalo, ini untuk memperkenalkan apa-apa saja yang dihasilkan masyarakat kepada masyarakat umum dan wisatawan,"

Alhamdulillah kata dia, tidak sulit mengumpulkan masyarakat Gorontalo di Jabodetabek.

Makanan khas ditampilkan di acara, pengunjung terbuka untuk umum siapapun boleh datang Modunggaya.

Baca juga : Menuju HUT Ke-50, Hotel Borobudur Hadirkan Discover South Sumatera

"Artinya adalah bertemu atau berkumpul, karena masyarakat Gorontalo sangat suka berkumpul, bercerita dan bersenda gurau," imbuhnya.

Di depan pun terpampang foto dan destinasi wisata di Gorontalo, agar masyarakat pengunjung hotel bia. Lihat apa-apa yang ada di Gorontalo dan mau berkunjung.

"Kami pun ada pemikiran akan mejadikan event Discover Gorontalo ini jasi event tahunan," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.