Dark/Light Mode

Cegah Korupsi Di Kemenpora, Dito Ariotedjo Gandeng KPK

Selasa, 25 Juli 2023 18:40 WIB
Menpora Dito Ariotedjo dan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Kemenpora, Selasa (25/7). (Foto : ist)
Menpora Dito Ariotedjo dan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Kemenpora, Selasa (25/7). (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Dito Ariotedjo berkomitmen menciptakan tata kelola pemerintahan dengan akuntabilitas tinggi dan transparan di Kemenpora. 

Berharap tujuannya tercapai, dia menggandeng Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan dalam sebuah rapat koordinasi di Kemenpora, pada Selasa (25/7) pagi.

"Ini komitmen saya untuk memastikan pengelolaan anggaran di Kemenpora ini,  insya-allah aman dan semoga selalu diselamatkan dan dijauhkan dari praktek korupsi dan juga mal administrasi," kata Menpora Dito kepada wartawan di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

Baca juga : Gerindra Mesrai Demokrat, Prabowo Terus Gantung Imin

Salah satu yang disorot soal bantuan anggaran untuk cabang olahraga. Menurutnya, sudah ada pengawasan bantuan anggaran lewat aplikasi Wasping atau pengawasan pendampingan.

Aplikasi ini dirancang untuk mengurangi interaksi langsung dengan pihak-pihak penerima bantuan, diharapkan menjadi alat yang membantu secara obyektif setiap penilaian proposal dan laporan penggunaannya.

"KPK ingin Aplikasi Wasping yang saat ini sudah digunakan dapat disempurnakan," kata Menpora Dito. 

Baca juga : KPK Sebut Dugaan Korupsi Di Kementan Terkait Jual Beli Jabatan

"Semua proposal dari cabang olahraga untuk pengajuan Pelatnas maupun pengajuan persiapan keberangkatan atlet ke multi event internasional, secara online tanpa interaksi personal," jelasnya.

Nantinya, kata Menpora Dito, lewat aplikasi tersebut publik bisa melihat. Masyarakat mengetahui aliran dana itu berapa dan buat apa. "Paling lama dalam waktu bulan depan sudah bisa dilaunching ke publik," tambahnya lagi.

"Selain untuk olahraga, nantinya  kita aplikasikan juga untuk di kepemudaan dan bahkan sampai daerah, agar penyelenggaraan sistem birokrasi di sini lebih terjaga," tutupnya.

Baca juga : Korupsi Di Lorong Gelap

Sementara dari Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyampaikan ucapan terima kasih atas respon positif dari Menpora Dito.

Terima kasih karena respon sangat positif, kita ingin segera dari Kemenpora meningkat transparansinya, dan untuk aplikasi yang ada tinggal disempurnakan agar publik dapat mengetahui dan turut memantau," katanya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.