Dark/Light Mode

Penyuap Kabasarnas Serahkan Diri Ke KPK

Senin, 31 Juli 2023 12:07 WIB
Gedung KPK (Foto: Ist)
Gedung KPK (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tersangka kasus dugaan suap di Basarnas, menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tersangka itu adalah Komisaris Utama PT Multi Grafika Cipta Sejati, Mulsunadi Gunawan.

Dia menyerahkan diri didampingi pengacaranya, Juniver Girsang, Senin (31/7).

Baca juga : Pecah Telur, Binaraga DKI Sabet Emas Pertama Di Pra PON 2023

"Betul, informasi yang kami terima, hari ini Senin, satu tersangka pihak swasta atas nama MG dalam perkara dugaan suap pengadaan di Basarnas RI hadir ke KPK dengan didampingi pengacara Juniver Girsang," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Usai menyerahkan diri, Mulsunadi langsung diperiksa tim penyidik KPK. Ali memastikan hak-hak yang bersangkutan tetap diperhatikan komisi antirasuah.

"Tim penyidik segera lakukan pemeriksaan dan kami pastikan, hak-hak tersangka kami penuhi sesuai ketentuan hukum yang berlaku sebagaimana para tersangka KPK lainnya," tuturnya.

Baca juga : KPK = Komisi Pernah Khilaf

Mulsunadi, bersama Direktur Utama PT Intertekno Grafika Sejati, Marilya dan Direktur Utama PT Kindah Abadi Utama, Roni Aidil, disebut KPK diduga menyuap Kabasarnas Marsdya Henri Alfiandi dan Koorsmin Kabasarnas Letkol Afri Budi Cahyanto.

Suap diberikan agar perusahaan mereka mendapatkan proyek pengadaan alat deteksi korban reruntuhan dengan nilai kontrak Rp 9,9 miliar.

Lalu, pengadaan public safety diving equipment dengan kontrak Rp 17,4 miliar, serta pengadaan ROV untuk KN SAR Ganesha (multiyears 2023-2024) dengan kontrak Rp 89,9 miliar.

Baca juga : Mahfud: Lanjutkan Dan Tuntaskan!

Mulsunadi memerintahkan Marilya menyerahkan uang tunai Rp 999,7 juta di area parkiran sebuah bak di Mabes TNI Cilangkap.

Sedangkan Roni Aidil menyerahkan uang Rp 4,1 miliar lewat aplikasi pengiriman setoran bank.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.