Dark/Light Mode

Ibu Iriana Bakal Dapat Bintang

Minggu, 6 Agustus 2023 08:00 WIB
Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama sejumlah Anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) bermain balon sarung di Pendopo Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/7/2023). (Foto: Antara)
Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama sejumlah Anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) bermain balon sarung di Pendopo Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/7/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akan memberikan gelar kehormatan kepada 18 tokoh. Di antara belasan tokoh tersebut, ada nama Ibu Iriana. Rencananya Ibu Iriana bakal mendapat Bintang Republik Indonesia Adi Pradana.

Ketua Dewan Gelar Tanda Kehormatan (GTK), Mahfud MD mengatakan, ada sejumlah kategori gelar kehormatan yang akan diberikan. Untuk kategori Bintang Mahaputra Utama akan diberikan kepada Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Saldi Isra, Anggota Komisi Yudisial (KY) Sukma Violetta, dan Anggota KY periode 2021-2023 Prof Joko Sasmito.

Baca juga : Aji Heran Bajul Ijo Belum Menang

Kemudian, kategori Bintang Mahaputra Pratama akan diberikan kepada mantan Ketua Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) Komjen (Pol) Boy Rafli Amar.

Di kategori Bintang Jasa Utama ada lima tokoh yang akan mendapatkannya. Mereka adalah anggota Bidang SDM dan Advokasi Hukum KY Sumartoyo, Penasihat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) bidang Kerja Sama Internasional Makarim Wibisono, Staf Khusus Presiden Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Baca juga : Santri Ganjar Berdayakan Emak-Emak, Bikin Hantaran Jadi CuanĀ 

Adapun kategori Bintang Budaya Parama Dharma diberikan kepada dua tokoh. Mereka adalah almarhum budayawan Tjokorda Gede Agung Sukawati dan seniman kebudayaan almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Joyokusumo.

Di kategori Bintang Jasa Pratama ada tiga orang yang mendapatkannya. Mereka adalah diplomat senior Soehardjono Sastromihardjo, Guru Besar Lingkungan Hidup Universitas Diponegoro Sudarto Prawoto Hadi, dan peneliti utama riset iklim dan atmosfer Edwin Aldrian.

Baca juga : Duh, Singo Edan Masih Belum Dapat 3 Poin

Lalu, kategori Bintang Budaya diberikan kepada mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional atau Fédération Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.