Dark/Light Mode

Bukalapak Raib Dari Play Store, Netizen Heboh

Kamis, 19 September 2019 13:13 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Bukalapak, situs lapak jualan online bikin heboh lagi. Setelah isu bangkrut, kali ini, sejak semalam, aplikasi Bukalapak raib dari toko aplikasi Android, Play Store.

Aplikasi Bukalapak yang menghilang dari  Play Store sejak tadi malam hingga siang ini, jadi bahan pergunjingan warganet di jagat Twitter.  "Sampai saat ini @bukalapak masih belum muncul juga di play store. Ada apa mas @achmadzaky?" tanya @nickanoiko serupa dengan @AriestaRiico. "Aplikasi E-commerce Bukalapak Hilang dari Google Play Store, Ada Apa yaaakk?" tanya akun ini.

Tweeps lainnya menebak-nebak sambil menyindir. Seperti akun @mykelqnz. "Rebranding kali. Jadi Tutuplapak," kicaunya disambut kekecewaan @asndr16. "Baru kemaren install, trus dapet voucher 15 k. Voucher belum kepake jangan dulu bangkrut yaaa," harap netizen ini.

Baca juga : Bogor Gempa 4 SR, Netizen Heboh

Netizen pemilik akun @barbaraclaudya mengakui aplikasi Bukalapak raib dari peredaran. "Wah iya bener di play store ga ada, di app store masih ada sih," tulisnya. Sedangkan akun @rayestu menduga, ini ada kaitannya denga PHK ribuan karyawan Bukalapak tempo hari.

"Berhati-hatilah kalau mau mecat orang yang punya akses ke Google Play Console," imbaunya.

Berdasarkan pantauan RMco.id, sampai Kamis (19/9) siang,  aplikasi BukaLapak di Play Store memang menghilang dari toko aplikasi android ini. Akan tetapi, aplikasi Bukalapak masih ada di toko aplikasi App Store milik Apple. 

Baca juga : BMKG Telat Umumkan Gempa di Twitter, Netizen Protes

RMco.id mencoba mengakses website Bukalapak. Ternyata, masih dapat diakses dan berfungsi seperti biasa. Akun Twitter resmi Bukalapak @bukalapak juga masih aktif. Namun, kicauan terakhir akun ini tak menjawab mention pertanyaan dari warganet. Kicauan terakhir pukul 12.00 WIB, akun ini masih promosi.

"Jika #NegeriIniButuhPatriot, kamu butuh main game Gundala! Kenapa? Soalnya dengan kumpulkan poin sebanyaknya, kamu bisa dapat berbagai hadiah menarik seperti smartphone dan tab! Mau kan? Mainkan sekarang!" begitu kicauan akun resmi dengan pengikut 173 ribu tersebut. 

Ada sejumlah alasan aplikasi hilang dari Play Store. Salah satunya karena dianggap melanggar aturan Play Store. Seperti menjual barang yang dilarang.

Baca juga : Jual Kaos Prodemonstran HK, Amazon Didamprat Netizen China

Seorang warganet berakun @imanlagi mencoba menerangkan mengapa Bukalapak raib dari Play Store. "Beneran loh apps Bukalapak ngga ada di Playstore. Kabarnya di-suspend sama Playstore karena BL jualan vape/tembakau/rokok. Anehnya adalah jelas bukan BL doang yg jual vape atau rokok. Tapi BL doang yang di-suspend," tulis netizen ini dalam serangkaian cuitannya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.