Dark/Light Mode

Duduk Di Tengah

Prabowo Dapat Tepuk Tangan Gemuruh

Jumat, 18 Agustus 2023 08:00 WIB
(Foto: Tangkapan Layar YouTube)
(Foto: Tangkapan Layar YouTube)

 Sebelumnya 
Terhitung dua kali Prabowo memberikan salam hormat, melambaikan tangan dan senyum ceria ke arah kamera untuk menyambut suara gemuruh dari para hadirin.  

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno menilai, tempat duduk Prabowo dan Mardiono yang bersebelahan sebagai hal yang biasa saja. Kata dia, Mardiono memang punya kedekatan dengan Prabowo. Namun, Sandi menegaskan tempat duduk  tersebut tidak mencerminkan arah politik PPP dalam Pilpres 2024. "Saya rasa (tempat duduknya) itu kebetulan saja," kata Sandi, saat dikonfirmasi, usai mengikuti upacara, kemarin.

Baca juga : Jokowi Tegaskan Penentu Capres Dan Cawapres Di Tangan Parpol

Sandi memastikan, PPP istiqomah menjalin kerjasama dengan PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo. Sandi menilai kedekatan Prabowo dan Mardiono saat mengikuti upacara itu wajar jika dikaitkan dengan dinamika politik jelang Pemilu 2024.  "Tentu jadi menarik karena politik itu dinamis dan kami saling menghormati," ungkap Sandi.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan hal serupa. Ketua DPR ini tak khawatir jika PPP akan mengalihkan dukungan kepada Prabowo. Menurut dia, PPP adalah partner yang setia.

Baca juga : Airlangga: Prabowo Lahir Dari Rahim Beringin

"Enggaklah, masak colong-mencolong? Saya punya komitmen, dan saya meyakini saat ini PPP teguh pada pilihannya," kata Puan di lokasi yang sama.

Menurut Puan, pilihan politik adalah hak setiap warga negara dan partai. Sehingga, ia juga tak masalah jika nantinya PPP bakal mengubah pilihannya berkoalisi."Kalau pun nanti ada perubahan, ya itulah dinamika politik yang harus kita sama-sama jalani," tutupnya.

Baca juga : PAN Dan Golkar Dukung Prabowo, Sahabat Ganjar Tak Gentar

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai, kekompakan yang ditunjukkan Cak Imin, Prabowo, dan Mardiono bukan hal biasa. Dalam politik, kata dia, ada pesan tersirat bisa lebih kuat daripada pesan yang disampaikan secara lisan atau tertulis. Pesan tersebut bisa dimaknai bahwa PPP sedang melakukan komunikasi publik tengah melakukan penjajakan dengan Gerindra.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 18/8/2023 dengan judul Duduk Di Tengah, Prabowo Dapat Tepuk Tangan Gemuruh

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.