Dark/Light Mode

Hadiri Peringatan Hari Konstitusi

Jokowi Tekankan Pentingnya Visi Negara Dilandasi Tolok Ukur yang Jelas

Jumat, 18 Agustus 2023 20:42 WIB
Presiden Jokowi memotong tumpeng saat menghadiri peringatan Hari Konstitusi sekaligus Hari Ulang Tahun ke-78 MPR, di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8). (Foto: Dok. MPR)
Presiden Jokowi memotong tumpeng saat menghadiri peringatan Hari Konstitusi sekaligus Hari Ulang Tahun ke-78 MPR, di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menghadiri peringatan Hari Konstitusi sekaligus Hari Ulang Tahun ke-78 MPR, di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8). Dalam sambutannya, Kepala Negara menegaskan pentingnya visi sebuah negara dilandasi tolok ukur dan rumusan pencapaian yang jelas.

"Adil dan makmur, apa tolok ukurnya? Negara maju, negara yang sejahtera, apa tolok ukurnya? Apakah pendapatan per kapita? Atau indeks pembangunan manusia? Atau tingkat pengangguran? Atau angka kemiskinan? Atau apa? Atau justru semuanya? Karena visi jika tidak dirumuskan tolok ukurnya itu namanya jargon politik," ujarnya, seperti dimuat dalam laman presidenri.go.id.

Baca juga : Gus Halim: Kemeriahan Peringatan Kemerdekaan Bukti Tingginya Rasa Nasionalisme

Jokowi tidak ingin visi sebuah negara hanya sekadar bahasa normatif, bahasa indah, dan hanya di awang-awang. Presiden ingin agar visi tersebut membumi, taktis, dan jelas mulai dari tolok ukurnya, strateginya, hingga target waktu pencapaiannya.

"Ini penting agar rakyat kita bisa memahami ke mana arah bangsa ini akan pergi? Ke mana tujuannya? Sehingga rakyat bisa berpartisipasi dan rakyat merasa memiliki," ungkapnya.

Baca juga : KSP: Pidato Presiden Jokowi Teguhkan Posisinya Sebagai Kepala Negara

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR. Dia turut mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjadikan peringatan tersebut sebagai momentum yang strategis untuk mendiskusikan langkah-langkah strategis bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita.

"Saya mengucapkan selamat Hari Konstitusi dan selamat ulang tahun ke-78 MPR RI. Semoga Indonesia ke depan melalui kontribusi seluruh komponen bangsa mampu meraih apa yang kita cita-citakan," ucapnya.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Pentingnya PPHN Sebagai Bintang Pengarah Pembangunan

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.