Dark/Light Mode

Safari Literasi DBI

Tingkatkan Kegemaran Membaca, Pemkab Bandung Bentuk 4.350 Bunda Literasi

Rabu, 30 Agustus 2023 13:22 WIB
Safari Literasi Duta Baca Indonesia sekaligus peluncuran buku berjudul I`m Survivor karya Gol A Gong, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/8). (Foto: Dok. Perpusnas)
Safari Literasi Duta Baca Indonesia sekaligus peluncuran buku berjudul I`m Survivor karya Gol A Gong, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/8). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesungguhan Pemkab Bandung dalam menggerakkan program literasi patut dicontoh daerah lain. Tidak tanggung-tanggung, seluruh perangkat RT/RW di wilayah Kabupaten Bandung, yang berjumlah kurang lebih 4.350 unit, akan segera memiliki Bunda Literasi.

Hal ini disampaikan Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung Teguh Puwayadi, di acara Safari Literasi Duta Baca Indonesia (DBI) sekaligus peluncuran buku berjudul I’m Survivor karya Gol A Gong, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/8).

Dadang menyampaikan, tingkat literasi masyarakat berbanding lurus terhadap kualitas bangsa. Kegemaran membaca yang dimiliki seseorang berpengaruh pada pembentukan wawasan, mental, dan perilakunya.

“Kecerdasan dan pengetahuan serta wawasan seseorang diperoleh dari berbagai informasi yang tersampaikan melalui proses literasi,” ujar Dadang.

Baca juga : Pangdam V Brawijaya Ingatkan Jajarannya Peduli Aset Kodam

Keberadaan Duta Baca Kabupaten Bandung, dirasa Dadang, telah mampu menjaring generasi muda dan masyarakat umum sebagai unsur pentahelix pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat Kabupaten Bandung tahun 2023.

“Di era saat ini, kegemaran membaca dapat menjadi cara untuk meningkatkan taraf hidup seseorang,” tambahnya.

Aktivitas penguatan literasi yang dilakukan Pemkab Bandung mendapat dukungan penuh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando. Menurut Syarif Bando, peningkatan literasi adalah kunci dalam mengimplementasikan peningkatan kualitas manusia.

“Kabupaten Bandung secara konsisten terus berupaya mengimplementasikan bagaimana meningkatkan kegemaran membaca dari berbagai komponen,” ucap Syarif Bando.

Baca juga : Aduan Ke Dewan Pers, LPDS Ingatkan Wartawan Pedomani Kode Etik Jurnalistik

Gerakan literasi, tambah Syarif Bando, merupakan perjuangan yang sampai saat ini terus bergerak. “Sampai detik ini masih ada pembicaraan tentang literasi, tentang membaca, dan tentang buku yang menarik untuk dibaca,” tambahnya.

Sementara, Duta Baca Indonesia Gol A Gong menegaskan, Perpusnas ingin memberitahukan kepada khalayak bahwa mereka mampu berdaya dengan buku.  “Kita semua bisa memberikan inspirasi,” ujarnya.

Gol A Gong melanjutkan, Perpusnas bersama perpustakaan lain di seluruh daerah terus berupaya merevitalisasi besar-besaran untuk pengembangan kegemaran membaca.

Keandalan Gol A Gong membuat banyak buku menandakan bahwa kekurangsempurnaan bukanlah sebuah halangan. Di buku terbarunya I’am Survivor, Gol A Gong menceritakan bahwa batasan fisik tidak serta merta menjadikan dirinya minder, lemah, atau kurang percaya diri.

Baca juga : Ganjar Creasi Adakan Pelatihan Pembuatan Yoghurt Bareng Ibu-Ibu Di Bumi Aji

“Kita semua punya keterbatasan. Mas Gong adalah bukti nyata dari produktivitas yang beliau lakukan, bahkan menjadi Duta Baca,” ucap CEO Penerbit Epigraf Daniel Mahendra.

Talkshow Safari Literasi DBI di Kabupaten Bandung merupakan titik ke-9 dari 12 lokus agenda serupa DBI di 2023. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Dewi Kartikasari mengatakan, tiga inovasi yang dilakukan Pemkab Bandung, seperti Gerakan Wakaf Buku ASN, Layanan Perpustakaan Weekend, dan Perpustakaan Keliling menunjukkan aksi nyata untuk terus menggiatkan literasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.