Dark/Light Mode

CFD Ditiadakan! Udara Jakarta Pagi Ini Tidak Sehat, Karawang Dan Sampit Ngeri

Minggu, 3 September 2023 07:41 WIB
Polusi udara menyelimuti langit Jakarta. Foto diambil dari kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Foto: Deri/MPR)
Polusi udara menyelimuti langit Jakarta. Foto diambil dari kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Foto: Deri/MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Biasanya, setiap hari Minggu, ada Hari Bebas Kendaraan atau jamak disebut Car Free Day (CFD) di Jakarta. Warga berbondong-bondong memenuhi ruas jalan utama ibu kota untuk berolah raga, seperti jogging, sepedahan dan lainnya. Tapi hari ini ditiadakan.

Meskipun ditiadakan, apakah kualitas udara hari ini cukup sehat untuk melakukan aktivitas fisik di luar ruangan?

Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir.com, yang terakhir diperbaharui pukul 7 pagi WIB tadi, udara di Jakarta dilaporkan masih tidak sehat.

Indeks kualitas udara (US AQI) di Jakarta masih berada zona merah, dengan kategori tidak sehat. Skornya: 156.

Baca juga : Jakarta-Bandung Tak Sampai 1 Jam

Pagi ini, Jakarta kembali nangkring di peringkat 3 kota dengan polusi udara tertinggi di dunia.

Konsentrasi polutan PM2,5 di udara Jakarta pagi ini masih cukup tinggi. Mencapai 65 µg/m3. Polutan setinggi itu sama dengan 13 kali di atas pedoman kualitas udara tahunan yang dirilis Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan kualitas udara yang tidak sehat ini, disarankan untuk mengenakan masker ketika berakivitas di luar ruangan dan hindari olah raga di luar ruangan.

Lantas apakah CFD tetap diadakan?

Baca juga : Polusi Udara Di Jakarta Petang Ini Juara 2 Dunia, Karawang Lebih Mengerikan

Menurut Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, khusus Minggu ini (3/9), CFD ditiadakan. Dikarenakan tamu negara untuk acara KTT ASEAN sudah mulai berdatangan.

Sehingga akan banyak kendaraan, baik yang ditumpangi oleh tamu negara maupun panitia yang akan melintas di ruas-ruas jalan utama Jakarta.

Heru mengimbau agar warga Jakarta mengenakan masker jika hendak bepergian ke luar ruangan. Mengingat kualitas udara masih belum sehat. 

Selain Jakarta, kualitas udara di wilayah Karawang, Jawa Barat lebih parah lagi. Skor polusi udaranya lebih tinggi dari Jakarta, yakni 171.

Baca juga : Polusi Udara Di Jakarta Petang Ini Masuk 5 Besar Dunia, Tangsel Lebih Gawat Lagi

Yang paling parah adalah wilayah Sampit, Kalimantan Tengah. Kualitas udaranya berada di zona ungu, yang artinya sangat tidak sehat.

Skor indeks kualitas udara di Sampit mencapai 253. Konsentrasi polutan PM2,5 mencapai 203 µg/m3. Sementara polutan PM10 tembus 223,9 µg/m3.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.