Dark/Light Mode

Jokowi Diapit PM Modi Dan Presiden Macron Di Mahatma Gandhi Memorial

Minggu, 10 September 2023 16:39 WIB
Presiden Jokowi diapit PM India Narendra Modi dan Presiden Prancis Emmanuel Macron Mahatma Gandhi Memorial, Minggu (10/9). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi diapit PM India Narendra Modi dan Presiden Prancis Emmanuel Macron Mahatma Gandhi Memorial, Minggu (10/9). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bersama para pemimpin dunia, melaksanakan kunjungan penting ke Rajghat, New Delhi, India, pada Minggu (10/9). Kunjungan ini bagian dari rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India. 

Jokowi tiba pukul 09.00 waktu setempat (WS) atau pukul 10.30 WIB. Tampil dengan setelan jas berwarna biru, kepala negara disambut hangat oleh Perdana Menteri Narendra Modi kemudian mengalungkan selendang warna krim berlogo G20 India.

Baca juga : Jokowi: Komitmen Pendanaan Negara Maju Masih Sebatas Retorika

Momen istimewa ini terjadi di depan Hriday Kunj, kediaman Mahatma Gandhi. PM Modi tidak hanya berbagi latar belakang sejarah tempat ini, tetapi juga turut memberikan wawasan mengenai nilai-nilai dan warisan Mahatma Gandhi kepada Presiden Jokowi.

Setelahnya, Presiden Jokowi bergabung dengan para pemimpin dunia lainnya untuk penandatanganan peace wall di dalam leaders lounge. Lalu para pemimpin negara melangkah menuju Mahatma Gandhi Memorial. 

Baca juga : Ketemu PM China Li Qiang, Presiden Jokowi Serius Bahas KA Cepat Dan IKN

Saat perjalanan, Presiden Jokowi jalan berdampingan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong. Keduanya tampak akrab dan berbincang santai.

Setiba di sana, para pemimpin negara berdiri mengelilingi perapian menghadap karangan bunga masing-masing di Mahatma Gandhi Memorial. 

Baca juga : Jokowi Bolehkan Indonesia Maju Dipakai Prabowo

Jokowi yang berdiri di antara PM Modi dan Presiden Prancis Emmanuel Macron kemudian memberi penghormatan dengan khidmat kepada Mahatma Gandhi. 

Usai memberi penghormatan, Presiden dan pemimpin negara lainnya melanjutkan agenda KTT G20 India di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.