Dark/Light Mode

Capres-Cawapres Bicara Rempang

Selasa, 19 September 2023 07:50 WIB
Pengunjuk rasa melempari personel polisi saat aksi unjuk rasa warga Pulau Rempang di Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Batam, Kepulauan Riau, Senin (11/9/2023). Aksi yang menolak rencana pemerintah merelokasi mereka tersebut berakhir ricuh. (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Spt)
Pengunjuk rasa melempari personel polisi saat aksi unjuk rasa warga Pulau Rempang di Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Batam, Kepulauan Riau, Senin (11/9/2023). Aksi yang menolak rencana pemerintah merelokasi mereka tersebut berakhir ricuh. (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Spt)

 Sebelumnya 
Tak hanya Capres, Muhaimin Iskandar alias Imin yang kini jadi Cawapres dari Anies, juga ikut berkomentar. Imin menyayangkan kericuhan yang terjadi antara warga dan aparat gabungan di Pulau Rempang. Cak Imin bilang, kejadian itu seharusnya bisa dijadikan pelajaran oleh semua pihak.

“Investasi harus disiapkan dengan kesadaran masyarakat secara bersama,” pesan Cak Imin di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur, kemarin.

Baca juga : Berlapang-lapang Di Rempang

Termasuk kesadaran memberikan manfaat keuntungan kepada yang terdampak. Bukan malah merugikan. “Tidak boleh investasi merugikan masyarakat setempat, tapi harus memberikan tempat dan manfaat bagi masyarakat setempat,” jelas dia.

Sementara itu, Prabowo Subianto, Capres yang diusung Gerindra-Golkar-PAN-Demokrat masih belum bersuara. Di dunia maya, warganet pun ikut mengomentari sikap yang disampaikan para bakal Capres mengenai konflik Rempang.

Baca juga : Soal Cawapres, Golkar Masih Jagokan Airlangga

Akun @ChakKhum menilai, pandangan yang disampai Anies jelas dan berpihak kepada rakyat. “Penggusuran itu menimbulkan luka sosial lama. Perlu dialog, bicara baik-baik. Lebih baik dilakukan pembicaraan panjang, rumit, ribet, tapi melibatkan semua dan bisa diterima. Jika dilakukan pendekatan keadilan, dijalankan dengan benar, maka ketenangan, keteduhan akan hadir,” papar @CakKhum, bela Anies.

Sedangkan akun @laodemahmud5 berharap usulan Ganjar segera direalisasikan. “Ayoo usul Ganjar direalisasikan,” ujarnya. Sedangkan akun @CheppyRosadi meminta kepada partai politik untuk sementara menghentikan drama Capres.

Baca juga : Cepat Operasi Pasar Beras

“Rakyat masih berduka soal Rempang. Stop copras capres sejenak. Kita cari tahu Ketua BP Batam yang juga Wali Kota Batam itu kader partai apa sih? Ayo perjuangkan keadilan buat rakyat kecil,” pungkas dia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 19/9/2023 dengan judul Capres-Cawapres Bicara Rempang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.