Dark/Light Mode

LSI Denny JA: Prabowo Paling Dikenal Dan Dipilih Lintas Ormas Islam

Selasa, 19 September 2023 13:53 WIB
Peneliti senior LSI Denny JA Adrian Sopa dalam paparannya di Kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Selasa (19/9). Foto: Istimewa
Peneliti senior LSI Denny JA Adrian Sopa dalam paparannya di Kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Selasa (19/9). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 60 persen populasi Indonesia menyatakan diri sebagai bagian dari dua ormas Islam paling besar. Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencatat, pemilih muslim Indonesia jumlahnya mayoritas (87.4 persen). Dari jumlah tersebut, sebesar 56.9 persen menyatakan merasa bagian dari Nahdlatul Ulama (NU). Sebesar 5.7 persen menyatakan merasa bagian dari Muhammadiyah. Sebesar 3 persen menyatakan merasa bagian dari ormas Islam lainnya. Sebesar 33.8 persen menyatakan tidak merasa bagian dari ormas Islam manapun.

Kemana para pemilih Ormas Islam ini melabuhkan dukungan dalam Pilpres 2024? Dalam simulasi tiga Calon Presiden (Capres), yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Prabowo bersaing dengan Ganjar, unggul sangat tipis di segmen pemilih NU. Sementara Anies unggul di Muhammadiyah.

Baca juga : Denny JA: Generasi Milenial Segera Menjadi Mayoritas Di Indonesia

"Namun jika head to head, misalnya Prabowo versus Ganjar, maka Prabowo unggul lebih telak baik di NU, Muhammadiyah, maupun di ormas Islam lainnya," kata peneliti senior LSI Dennya JA, Ardian Sopa dalam paparaannya di Kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Selasa (19/9).

Secara rinci, pengenalan Prabowo di NU sebesar 98 persen, Anies 87,4 persen, dan. Ganjar 85,9 persen. Di Muhammadiyah, pengenalan Prabowo bahkan mencapai 100 persen. Pengenalan Ganjar dan Anies di level yang sama sebesar 92,5 persen.

Sementara di sisi tingkat kesukaan terhadap Capres, Prabowo dan Ganjar bersaing ketat di NU. Tingkat kesukaan Prabowo 79,4 persen. Tingkat kesukaan Ganjar 79,2 persen. Adapun tingkat kesukaan Anies 72,6 persen. Di Muhammadiyah, tingkat kesukaan Prabowo paling tinggi sebesar 65,0 persen. Ganjar dan Anies di level tingkat kesukaan yang sama sebesar 62,2 persen.

Baca juga : Survei Polling Institute: Erick Jadi Cawapres Paling Banyak Dipilih Masyarakat

Di ormas Islam lainnya, Prabowo dan Anies bersaing ketat dalam level yang sama sebesar 95,2 persen. Kesukaan terhadap Ganjar di ormas lainnya sebesar 89,5 persen.

Sementara di antara dua Cawapres, Muhamimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), AHY lebih populer dibandingkan Muhaimin Iskandar di semua ormas Islam. Di NU, yang mengenal AHY sebesar 67,1 persen, yang mengenal Muhaimin sebesar 44,2 persen. Di Muhammadiyah yang mengenal AHY sebesar 72,5 persen, yang mengenal Muhaimin 47,2 persen.

Di ormas Islam lainnya, yang mengenal AHY sebesar 71,4 persen dan yang mengenal Muhaimin 58,3 persen. Tingkat kesukaan di NU, AHY lebih tinggi 72,6 persen dan tingkat kesukaan Muhaimin di NU 66,7 persen.

Baca juga : Anis Matta: Prabowo Pemimpin Kuat Dan Rendah Hati

Bagaimana jika dalam skema head to head? Head to head Prabowo dan Ganjar, menempatkan Prabowo unggul di semua ormas Islam. Di bagian yang merasa NU, Prabowo unggul 47,7 persen. Sedangkan Ganjar 46,5 persen. Di Muhammadiyah, keunggulan Prabowo lebih telak. Prabowo mendapat 55,7 persen, Ganjar 41,4 persen. Di Ormas Islam lainnya, Prabowo juga unggul dengan elektablitas 53,2 persen dan Ganjar 20,6 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.