Dark/Light Mode

Kapolri Tegaskan Dukung dan Siap Amankan Seluruh Rangkaian Piala Dunia U-17

Selasa, 19 September 2023 20:06 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audiensi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/9). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audiensi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/9). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, jajaran kepolisian siap mendukung dan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Hal itu disampaikan Kapolri usai melakukan audiensi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/9).

"Terkait dengan penyelenggaraan, kita sebagai tuan rumah U- 17 FIFA dan tentunya Polri menyambut baik dan siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan. Tadi diinformasikan bahwa akan diikuti 24 negara," kata Sigit.

Menurut eks Kapolda Banten ini, pengamanan optimal akan dilakukan oleh jajaran kepolisian.

Baca juga : Heikal Safar: Anies Baswedan Dukung Penuh Gerakan Restorasi Pedagang Dan UMKM

Sebab, ini kali pertama Indonesia menyelenggarakan ajang internasional Piala Dunia U-17.

Dalam audiensi bersama dengan PSSI, Sigit menanyakan secara detail seluruh rangkaian Piala Dunia U-17, agar penyelenggaraan kegiatan dapat terwujud sebagaimana dengan standar FIFA.

"Mulai dari pengamanan terhadap kontingen FIFA itu sendiri dan tim. Terus bagaimana pada saat di dalam perjalanan, kemudian pada saat latihan," tuturnya.

Tak hanya itu, menurut Sigit, Polri juga akan melakukan asesmen terkait dengan stadion-stadion yang akan dilaksanakan pertandingan Piala Dunia U-17 sesuai dengan standar FIFA.

Baca juga : Erick: PSSI Dan Polri Mantapkan Kesiapan Piala Dunia U-17

"Dan juga pada saat situasi kontijensi bagaimana agar kita bisa melakukan evakuasi, penyelamatan baik terhadap pemain, ofisial maupun penonton ini semua tentunya akan bersama-sama kita laksanakan pengecekan di lapangan, termasuk melatih, supaya semuanya betul-betul siap," ucap Sigit.

Pada prinsipnya, Sigit menekankan, Polri akan melakukan pengamanan di seluruh rangkaian pelaksanaan Piala Dunia U-17 dengan optimal agar dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Prinsipnya Polri mendukung pelaksanaan U-17 agar betul-betul bisa berjalan aman, lancar, sukses serta membawa harum nama bangsa Indonesia," tutur mantan Kabareskrim Polri ini. 

Pada kesempatan yang sama, Erick Thohir menyatakan, sebagai panitia Piala Dunia U-17, pihaknya menyampaikan paparan dan meminta masukan kepada Kapolri terkait dengan pengamanan event internasional tersebut, agar dapat berjalan aman dan lancar.

Baca juga : Kualitas Merata, Duel Piala Dunia U-17 Bakal Ketat

"Khususnya dari Pak Kapolri untuk persiapan kejuaraan dunia U-17 yang akan dimulai tanggal 10 November dan di mana juga pada tanggal 9 ada rencana Presiden FIFA akan langsung hadir untuk mulai juga melakukan beberapa kegiatan bersama Bapak Presiden," ungkap Erick.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.