Dark/Light Mode

Harga Cabai Dan Bawang Turun Di Samarinda, Jokowi Tekan Harga Beras Dengan SPHP

Kamis, 21 September 2023 13:27 WIB
Harga Cabai Dan Bawang Turun Di Samarinda, Jokowi Tekan Harga Beras Dengan SPHP

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengaku senang melihat harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Merdeka, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (21/9) terkendali. 

“Saya melihat, saya senang harga-harga terkendali baik,” kata Presiden usai mengecek harga dan berbincang dengan sejumlah pedagang.

Bahkan, kata Jokowi, sejumlah komoditas pokok mengalami penurunan harga, diantaranya adalah cabai dan juga bawang.

“Cabai harganya juga turun, kemudian bawang putih harganya juga turun, bawang merah harganya juga turun,” sebutnya.

Baca juga : Jokowi dan Prabowo Melesat Bersama

Namun, ia mengakui bahwa harga beras yang ada di pasar tersebut masih tergolong tinggi dan belum mengalami penurunan. Akan tetapi, Presiden menyebut saat ini beras SPHP dari Bulog telah mulai disalurkan ke pasar tersebut.

“Kita harapkan dengan operasi pasar yang dilakukan Bulog, harga juga bisa turun, beras ya,” harapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menuturkan bahwa kenaikan harga tersebut diantaranya diakibatkan oleh fenomena super El Nino yang terjadi di tujuh provinsi dan mengakibatkan pasokan beras dari petani berkurang.

“Problem-nya karena pasokan dari petani, pasokan dari penggilingan itu kurang karena ada super El Nino di tujuh provinsi,” jelasnya

Baca juga : Masuk Pasar Jatinegara, Jokowi: Harga Beras Masih Tinggi

Untuk mengatasi hal tersebut, Presiden mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menambah cadangan beras melalui impor.

“Ya kita memperbesar cadangan strategis lewat impor karena untuk menutup kekurangan produksi yang ada,” ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, salah seorang pedagang beras, Niko, menyebut bahwa saat ini beras premium mengalami kenaikan. Akan tetapi, karena adanya bantuan beras SPHP dari Bulog cukup membantu untuk menurunkan harga.

“Kalau untuk beras premium lagi ada kenaikan, tapi sekarang kita dibantu sama Bulog beras SPHP, jadi harga mulai meredam—mulai turun sekarang,” jelas Niko.

Baca juga : KPPU Diminta Usut Monopoli Penyediaan Internet Dan PAM

Niko pun berharap agar ke depannya harga beras bisa turun dan kembali normal. “Semoga harga beras bisa turun kembali—normal kembali,” harap Niko.

Dalam kunjungan ini presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.