Dark/Light Mode

Ke CFD? Cek Polusi Udara Jakarta Pagi Ini, IQAir: Bahaya Untuk Kelompok Sensitif

Minggu, 24 September 2023 06:33 WIB
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Rakyat Merdeka/ Khairizal Anwar)
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Rakyat Merdeka/ Khairizal Anwar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meskipun mengalami perbaikan, masalah polusi udara di Jakarta belum beres sepenuhnya. Pagi ini kualitas udara dilaporkan masih belum sehat, tapi hanya untuk kelompok sensitif.

Karena itu, jika Anda masuk dalam kelompok sensitif, seperti penderita penyakit kronis, ibu hamil, balita dan lansia ajang disarankan untuk tidak banyak beraktivitas di luar ruangan.

Apalagi jika memilih pergi olah raga atau jogging di Car Free Day atau CFD yang saban hari Minggu pagi berlangsung sampai jam 10.00 WIB nanti.

Meskipun berada di zona bebas kendaraan, kualitas udara di Jakarta pagi ini masuk dalam kategori oranye. Artinya tidak sehat untuk kelompok sensitif.

Baca juga : Awas! Polusi Udara Di Jakarta Pagi Ini Tidak Sehat, Ranking 1 Terburuk Di Dunia

Dari data yang terakhir diperbaharui situs pemantau kualitas udara IQAir.com, pukul 6 pagi WIB tadi, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 127. 

Daerah Khusus Jakarta masih nangkring di 10 besar kota dengan polusi tertinggi di dunia. Tepatnya peringkat ketujuh.

Konsentrasi polutan PM2,5 mencapai 45.9 µg/m3 atau 9,2 kali lebih tinggi dari pedoman kualitas udara yang dirilis oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan upaya menurunkan tingkat polusi udara terus dilakukan dengan memperbanyak pemasangan generator kabut air (water mist). 

Baca juga : Cek Polusi Udara Jakarta Hari Ini, Apakah Aman Untuk Olahraga Di CFD?

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyiraman jalan-jalan protokol di Jakarta, oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta.

Hingga Rabu (20/9) lalu, penyiraman sudah dilakukan pada 249 lokasi dengan melibatkan 243 unit mobil dan 976 personel. Sementara generator water mist, sudah terpasang di 79 gedung.

Bagaimana dengan kondisi polusi udara di kawasan Jabodetabek selain Jakarta?

Tangerang Selatan (Tangsel), Banten masih menduduki posisi kota dengan polusi terburuk di Jabodetabek, dengan skor AQI 151. Kualitas udaranya tidak sehat untuk semua kelompok, karena masuk di zona merah.

Baca juga : Polusi Udara Jakarta Bukan Hanya Karena PLTU

Namun, Tangsel bukan yang terburuk di Indonesia. Posisinya nangkring di urutan ketiga. Urutan pertama kota dengan polusi terparah di Indonesia adalah Palembang, Sumatera Selatan. 

Skor AQI di Palembang mencapai 185. Di bawahnya adalah Cileungsir, Jawa Barat dengan skor AQI 156.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.