Dark/Light Mode

Angin Segar Di PWI

Hendry-Sasongko Ingin Kembalikan Integritas Wartawan

Jumat, 29 September 2023 07:40 WIB
Hendry Ch Bangun dan Sasongko Tedjo usai dinyatakan terpilih menjadi Ketua Umum PWI Pusat dan Ketua Dewan Kehormatan PWI, untuk periode 2023-2028, Rabu (27/9/2023) dini hari.
Hendry Ch Bangun dan Sasongko Tedjo usai dinyatakan terpilih menjadi Ketua Umum PWI Pusat dan Ketua Dewan Kehormatan PWI, untuk periode 2023-2028, Rabu (27/9/2023) dini hari.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hendry Ch Bangun terpilih menjadi Ketua Umum PWI Pusat dan Sasongko Tedjo sebagai Ketua Dewan Kehormatan, untuk periode 2023-2028. Angin segar pun terasa berhembus di organisasi wartawan terbesar dan tertua ini.

Hendry Ch Bangun dan Sasongko Tedjo adalah wartawan senior yang termasuk sangat dipercayai Margiono (almarhum). Integritas dan kompetensi keduanya tak diragukan.

Baca juga : Jaringan 5G Terus Diperluas, Kominfo Siapkan Insentif

Hendry, wartawan yang dilahirkan Kompas, selama 10 tahun menjabat Sekjen PWI di periode 2008-2018. Dia adalah pemikir sekaligus tangan kanan Margiono yang saat itu ketua umum PWI. Lepas dari kepengurusan PWI, Hendry lalu ditugaskan dua periode di Dewan Pers hingga menjadi Wakil Ketua-nya (2016-2022). Pria kelahiran Sumatera Utara ini juga dikenal memiliki concern yang tinggi pada kualitas pendidikan wartawan, dan diangkat sebagai Ahli Pers di Dewan Pers sejak 2016. Hendry Ch Bangun bukanlah tipikal orang yang ambisius. Penampilannya bersahaja dan tenang. Ada yang menyebut dia kaku, tapi sebetulnya itu karena sikapnya tegas, taat aturan dan konsisten.

Sedangkan Sasongko Tedjo, adalah tokoh pers yang berasal dari Jawa Tengah. Lahir dan dibesarkan Koran Suara Merdeka, Semarang. Figurnya dikenal sangat santun dan rendah hati. Gaya bicaranya halus dengan tutur kata lembut. Selama era PWI Margiono, Sasongko memegang jabatan Ketua Bidang Organisasi. Saat Margiono maju ke Pilkada Tulung Agung, jabatan Plt ketua umum dipercayakan kepadanya.

Baca juga : BPK Penabur Gelar Festival Catur, Percasi: Ini Gebrakan Luar Biasa

Keduanya dinilai banyak kalangan sangat pas melayarkan PWI Pusat. Kombinasi tegas profesional diimbangi sikap mengayomi, diyakini bisa memperbaiki marwah organisasi, meningkatkan dan mengembangkan kualitas pers dan jurnalis Indonesia.

Hendry terpilih menjadi nakhoda baru PWI, pada Rabu (27/9/2023) dini hari. Pemilihan Ketua Umum PWI Pusat berlangsung selama hampir lima jam. Dimulai pukul 21.00 WIB, berakhir sekitar pukul 02.00 pagi keesokan harinya.

Baca juga : Alexis Sanchez Kembali Ke Pelukan Inter Milan

Pemilihan ketua umum menjadi segmen puncak dari keseluruhan kegiatan Kongres ke-25 PWI di Bandung, yang berlangsung pada 25-27 September 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.