Dark/Light Mode

Angin Segar Di PWI

Hendry-Sasongko Ingin Kembalikan Integritas Wartawan

Jumat, 29 September 2023 07:40 WIB
Hendry Ch Bangun dan Sasongko Tedjo usai dinyatakan terpilih menjadi Ketua Umum PWI Pusat dan Ketua Dewan Kehormatan PWI, untuk periode 2023-2028, Rabu (27/9/2023) dini hari.
Hendry Ch Bangun dan Sasongko Tedjo usai dinyatakan terpilih menjadi Ketua Umum PWI Pusat dan Ketua Dewan Kehormatan PWI, untuk periode 2023-2028, Rabu (27/9/2023) dini hari.

 Sebelumnya 
Hendry terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat untuk periode 2023-2028, dengan dukungan 47 suara, selisih 6 dari incumbent, Atal Depari yang mendapat 41 suara. Bagi pendukung incumbent, kemenangan Hendry mungkin cukup mengejutkan dan membuat syok. Sebab, menjelang pemilihan, mereka terlihat sangat percaya diri dan mengklaim telah mengantongi sekitar 50 dari 88 suara yang diperebutkan.

Pendukung utama incumbent terdapat di sejumlah provinsi dengan suara yang gemuk. Diantaranya, wilayah Lampung (5 suara), Jawa Barat (5 suara), Sumatera Barat (3 suara), Jambi (3 suara) dan Sulawesi Selatan (3 suara). Keempat provinsi ini tampaknya juga bertahan dengan kekuatan penuh, sebagai loyalis dan die hard-nya incumbent, hingga di pemilihan putaran yang kedua.

Baca juga : Jaringan 5G Terus Diperluas, Kominfo Siapkan Insentif

Sementara Hendry maju dengan modal awal dukungan sekitar 38 suara, yang solid tersebar merata di hampir seluruh provinsi. DKI Jakarta, Jawa Tengah, Solo, Yogyakarta, Bali, NTB dan NTT, serta Kalimantan. Hendry juga mendapatkan suara dari sebagian wilayah Sulawesi, Papua dan sebagian Sumatera. Namun, di putaran kedua, sebagian suara yang sebelumnya diperkirakan mendukung incumbent, dengan kesadaran dan hati nurani memilih mendukung Hendry.

Sistem pemilihan ketua umum PWI Pusat memang menarik. Ada 39 wilayah pemilihan dengan kekuatan suara berbeda-beda, tergantung jumlah anggota PWI yang teregister di tempat tersebut. Wilayah yang memiliki lebih dari 100 anggota tapi kurang dari 200, memiliki dua hak suara. Wilayah dengan 200 anggota tapi kurang dari 400 mendapat tiga hak suara. Dan anggota lebih dari 400 tapi kurang dari 600 mendapat 4 suara. Dan lebih dari 600 mendapatkan 5 hak suara.

Baca juga : BPK Penabur Gelar Festival Catur, Percasi: Ini Gebrakan Luar Biasa

Pemilihan berlangsung dua putaran karena yang maju ke pertarungan ada tiga calon. Selain Hendry dan Atal Depari, juga berlaga Zulmansyah Sekedang (Ketua PWI Riau). Di putaran pertama, Zul mendapatkan 9 suara, yang kemudian sebagian diantaranya mendukung Hendry di putaran kedua.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.