Dark/Light Mode

Gercep, KLHK Padamkan Lahan Gambut Di Kalsel

Senin, 2 Oktober 2023 14:08 WIB
KLHK bersama tim melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di kawasan Guntung Damar dan Hutan Lindung Liang Anggang Kalimantan Selatan.
KLHK bersama tim melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di kawasan Guntung Damar dan Hutan Lindung Liang Anggang Kalimantan Selatan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dipimpin Siti Nurbaya gerak cepat menangani dan mencegah terjadinya karhutla di sejumlah daerah. 

Salah satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel). Siti menugaskan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong untuk memimpin rapat aksi gabungan pengendalian karhutla di Kalsel, Senin (2/10).

Alue didampingi Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK, Hanif Faisol Nurofiq, Wakil dari Ditjen PPI dan Ditjen KSDAE memimpin rapat koordinasi penanganan darurat karhutla di Kalsel. 

Baca juga : Rekor Kaesang Dan Game Changer

Kegiatan ini dikuti Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Korem 101/Antasari, Polda Kalsel serta instansi terkait lainnya ini dipusatkan di Posko lapangan Guntung Damar Banjarbaru. 

Wamen LHK dan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan ambil bagian memadamkan kebakaran lahan gambut di kawasan Guntung Damar dan Hutan Lindung Liang Anggang. Pemadaman dilakukan hingga malam hari dan dilanjutkan pada hari berikutnya.

"Ini kondisi emergency. Prinsipnya kita kerja bareng, mobilsasi semua sumber daya yang ada, tenaga, peralatan dan semuanya. Polanya pemadaman di darat dan dikombinasikan water bombing," tegas Alue.

Baca juga : Ganjar Disukai Kaum Hawa

Dirjen PKTL, Hanif Faisol Nurofiq mengatakan, di Kalsel sudah sangat parah. Udara sudah sangat tidak sehat di wilayah Banjarmasin dan Banjarbaru dengan serangan ISPA meningkat. 

“Ini harus jadi perhatian serius dan perlu langkah percepatan penanganannya," katanya.

Dalam rangka percepatan penanganan karhutla di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan, di antaranya di sekitar bandara Syamsuddin Noor Kota Banjarbaru dan beberapa kabupaten rawan karhutla, menurutnya, perlu dilakukan evaluasi penanggulangan karhutla dengan melakukan pemetaan permasalahan dan rencana penanganan untuk jangka pendek dan menengah secara sinergi dan komprehensif.

Baca juga : Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut Di Kalsel

KLHK telah aktif mengupayakan kegiatan-kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan sejak prediksi fenomena El Nino di awal tahun 2023. Upaya-upaya pencegahan, pemadaman, dan penanggulangan paska telah ditingkatkan pada bulan September - Oktober yang diprediksi menjadi puncak musim kemarau tahun ini.(*)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.