Dark/Light Mode

Geledah Rumah Direktur Alsintan Kementan, KPK Amankan Uang Rp 400 Juta

Senin, 2 Oktober 2023 15:31 WIB
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah salah satu tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan), di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (1/10/2023).

Informasi yang diterima, rumah yang digeledah adalah rumah Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementan Muhammad Hatta.

Dari penggeledahan tersebut, tim komisi antirasuah mengamankan uang ratusan juta rupiah dalam bentuk mata uang rupiah dan asing.

Baca juga : Bongkar Korupsi di Kementan, KPK Di-Back Up Mahfud

"Mengenai jumlah uangnya sejauh ini sekitar Rp 400 juta," ujar Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (2/10/2023).

Selain uang, ditemukan juga bukti elektronik dan dokumen lainnya di rumah tersebut.

"Analisis dan penyitaan segera dilakukan untuk menjadi kelengkapan berkas perkara penyidikan," tandasnya.

Baca juga : KPK Geledah Kantor Kementan, Sasar Ruangan Menteri Dan Sekjen

Sebelumnya, tim penyidik KPK juga menemukan uang senilai Rp 30 miliar saat menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Kamis (28/10/2023).

Diberitakan sebelumnya, KPK meningkatkan status dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) ke penyidikan.

Namun, siapa saja tersangkanya, belum diumumkan oleh KPK. Informasi yang diterima, ketiga tersangka adalah Mentan Syahrul Yasin Limpo, Direktur Alsintan Muhammad Hatta, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.