Dark/Light Mode

Kepala BP2MI Apresiasi Paguyuban Bumi Reyog Ponorogo di Korea Selatan

Senin, 9 Oktober 2023 12:52 WIB
Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat bersilaturahmi dengan organisasi Paguyuban Bumi Reyog Ponorogo yang berada di Kota Andan, Korea Selatan. (Foto: Istimewa)
Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat bersilaturahmi dengan organisasi Paguyuban Bumi Reyog Ponorogo yang berada di Kota Andan, Korea Selatan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Terakhir kami mengirimkan unit reyog dibantu oleh tim KBRI dengan biaya dari kami. Jadi seluruhnya unit reog itu mandiri biaya dari kami,” ungkap Purwanto.

Dengan reyog tersebut, lanjut Purwanto, mereka mengikuti berbagai festival di Negeri Ginseng. Tujuannya untuk memeriahkan dan memperkenalkan budaya reyog di Korsel.

Baca juga : Komisi VI Apresiasi Peran PGE Dalam Proses Transisi Energi Bersih Berkelanjutan

"Tetapi kendalanya adalah kami sering mengalami benturan dengan waktu kerja personil, karena mereka adalah pekerja migran. Sehingga seringkali tampil dengan seadanya,” ucapnya.

Purwanto juga menjelaskan, permasalahan PMI di Korsel adalah mereka sudah terlalu nyaman hidup dan bekerja.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Keberhasilan Jokowi Hadirkan Kereta Cepat Whoosh

"Jadi mereka takut pulang karena tidak tahu akan bekerja apa di tanah air. Bahkan sudah 27 tahun di Korea Selatan dan belum kembali ke tanah air,” ujar Purwanto. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.