Dark/Light Mode

JIM Apresiasi Sinergitas TNI-Polri Wujudkan Kedamaian Papua

Rabu, 11 Oktober 2023 07:32 WIB
HUT TNI ke-78 di Lapangan Silas Papare, Doyo, Kabupaten Jayapura. Foto: Istimewa
HUT TNI ke-78 di Lapangan Silas Papare, Doyo, Kabupaten Jayapura. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinergitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mendapat apresiasi dari kalangan milenial.

Jaringan Indonesia Muda (JIM) Papua menilai sinergitas TNI menjadi sinyal positif bagi kedamaian di Papua.

"TNI adalah mitra strategis dan ksatria pelindung rakyat diharapkan dalam menjalankan tugas serta tanggungjawab menjadi yang terbaik," kata Ketua Umum JIM Papua, Paulinus Ohee di sela-sela HUT TNI ke-78 di Lapangan Silas Papare, Doyo, Kabupaten Jayapura, belum lama ini.

Baca juga : Wapres Kawal Langsung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua

Paulinus mengajak semua elemen masyarakat Papua agar bersatu untuk membangun Papua. Selain itu menyeru agar menghentikan aksi kekerasan bersenjata hanya karena perbedaan keyakinan.

"Kami berharap agar orang Papua tidak terprovokasi dengan isi-isi yang menyesatkan," seru Paulinus.

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyatakan bahwa polisi dan TNI akan senantiasa menjaga sinergitas. Begitu juga berupaya kebersamaan demi menjaga kedamaian di Papua.

Baca juga : Jubir Menko Marves Jodi Mahardi Bantah Luhut Dilarikan Ke Singapura

"Polisi dan TNI adalah pilar dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri di Sentani, Kamis (5/10).

Mathius menegaskan, polisi dan TNI tidak akan mundur mewujudkan keamanan di tanah Papua. Kapolda mengingatkan agar kehadiran Polri dan TNI di masyarakat tidak dijadikan penyebab ketakutan.

Dia mengimbau agar keberadaan dua pilar NKRI ini menjadi teman. Agar dapat berkontribusi bagi menjaga kesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah.

Baca juga : PJ Gubernur Bey Minta TNI-Polri Telusuri Tumpukan Sampah di Pantai Cibutun

"Kita hadir di daerah-daerah di Papua untuk memberikan ketenteraman dan menjaga kedamaian bagi masyarakat di sana," sambung Mathius.

"Kedamaian itu harus diupayakan bersama bukan hanya tugas Polri dan TNI saja tetapi semua yang ada di atas tanah Papua harus punya kerinduan yang sama menjadikan Papua tanah damai," tutup Mathius.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :