Dark/Light Mode

Punya Creative Hub, Literasi Masyarakat Bontang Terus Ditingkatkan

Jumat, 13 Oktober 2023 15:50 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (kedua kiri) dalam peresmian Creative Hub dan pelaksanaan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, di Kota Bontang, Kalimatan Timur, Jumat (13/10). (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (kedua kiri) dalam peresmian Creative Hub dan pelaksanaan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, di Kota Bontang, Kalimatan Timur, Jumat (13/10). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama inovatif antara perpustakaan dan perusahaan lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) menambah dukungan pendidikan dan peningkatan literasi di Kota Bontang. Hal ini ditandai dengan diresmikannya Creative Hub Kota Bontang yang dibangun PT Kaltim Nitrate Indonesia bersamaan dengan pelaksanaan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) serta pengukuhan Bunda Literasi se-Kota Bontang, Kalimantan Timur, Jumat (13/10).

Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan, Pemkot Bontang akan terus berupaya mengembangkan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Generasi muda Kota Bontang akan terus didorong untuk mengikuti berbagai pelatihan yang ada di perpustakaan. "Seribu argumentasi tidak lebih baik daripada satu aksi," ujarnya.

Baca juga : Nirina Zubir, Geli Mesra Dengan Ringgo

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengatakan, siapa pun pemimpin daerah, tugasnya sama, yaitu mencerdaskan anak bangsa. Menurut Syarif, untuk bisa menjadi hebat, dibutuhkan kecepatan dalam menggapainya. "Saya harap tahun depan Bontang sudah bisa menghasilkan anak-anak hebat," ucapnya.

Di acara yan sama, pegiat literasi Sri Ningsih Hutomo setuju kalau perpustakaan terus beradaptasi menyesuaikan kebutuhan Gen Z.  "Itu adalah kunci agar perpustakaan terus eksis," ucap Sri.

Baca juga : Asosiasi Praktisi Hukum Migas dan Energi Terbarukan Resmi Dibentuk

Sementara, perwakilan PT Kaltim Nitrate Indonesia Wisnu Ahmadin menjelaskan, pihaknya akan memperkuat kolaborasi dengan Kota Bontang, khususnya bidang literasi. "Fasilitas Creative Hub akan menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk mengasah skill, seperti pembuatan desain batik khas Kota Bontang," ucap Wisnu. 

Fasilitas yang ada di Creative Hub berupa ruang baca, cafe, ruang meeting, ruang baca outdoor, dan lainnya.

Baca juga : Terbang Ke Papua, Kiai Ma’ruf Bakal Berkantor 5 Hari Di Jayapura

Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Deni Kurniadi menyatakan, sebagai institusi pembina, pihaknya terus berupaya membangun literasi khususnya aspek penguatan infrastruktur melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.