Dark/Light Mode

Dukung Generasi Muda Indonesia

WSU Dirikan Kampus Internasional di Surabaya

Jumat, 10 November 2023 13:02 WIB
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim

 Sebelumnya 
Dalam peluncuran ini, Wakil Rektor dan Presiden WSU, Barney Glover AO, merasa senang dapat memperkenalkan standar pendidikan terkemuka, serta metode pembelajaran yang inovatif di kampus WSU di Surabaya.

Dia berharap kehadiran WSU di Surabaya dapat berkontribusi untuk perkembangan ekonomi Indonesia melalui pendidikan dan keterampilan praktik untuk mahasiswa.

“Kampus ini menjadi bentuk perwujudan komitmen kami untuk membina kewarganegaraan global dan menciptakan peluang untuk pembelajaran lintas budaya. Kami berkomitmen untuk melayani wilayah Western Sydney, serta wilayah dan komunitas di mana Western Sydney University beroperasi, dan kami sangat bangga dapat mencakup Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor WSU, Jennifer Westacott, mengatakan bahwa, hadirnya WSU di Surabaya untuk mendukung pertumbuhan dan transformasi ekonomi lokal.

Baca juga : Kolaborasi Untuk Bumi, BNI dan WWF Indonesia Luncurkan Kartu Kredit Wajah Baru

“Dengan semangat dan tekad memajukan pendidikan di Indonesia, hadirnya WSU di Surabaya telah membuka babak baru sejarah perkembangan WSU. Sekaligus, peluang bagi kami untuk memperkenalkan standar pendidikan berkualitas tinggi, serta memperluas jaringan mitra kami di bidang pendidikan dan industri, baik lokal maupun internasional,” ungkap Rektor Jennifer.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, merasa bangga karena kota Surabaya dipilih menjadi kampus internasional pertama Western Sydney University.

Khofifah berharap hadirnya WSU dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian potensi generasi masa depan Indonesia, khususnya di Surabaya, sehingga meningkatkan kualitas dan standar tenaga kerja Indonesia.

“Kami berharap peluncuran kampus WSU ini menjadi inspirasi dalam membangun kolaborasi positif bagi kampus lainnya di Kota Surabaya,” ungkapnya.

Baca juga : Esa Unggul Siap Gelar Konferensi Internasional MIMSE 2023 di Mandalika

Kampus WSU di Surabaya ini terletak di Pakuwon Tower. Dalam fase pertama, kampus ini dapat memfasilitasi 1.000 mahasiswa, dan dalam fase kedua dapat memfasilitasi 1.700 hingga 2.000 mahasiswa.

Pada fase pertama, kampus WSU di Surabaya akan menawarkan live program sarjana di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM), yaitu Bachelor of Computer Science, Bachelor of Information and Communication Technology, Bachelor of Data Science, Bachelor of Engineering (Electrical), dan Bachelor of Business (Applied Finance).

Kampus Western Sydney University Indonesia di Surabaya akan dibuka pada September 2024.

Pada peluncuran kampus, Western Sydney University Indonesia juga membuka peluang bagi pelajar yang ingin berpartisipasi di program inkubasi Launch Pad.

Baca juga : Sambut Hari Tata Ruang Nasional, Pos Indonesia Komit Ciptakan Energi Hijau

Launch Pad di kampus Surabaya akan menawarkan pendidikan serta pelatihan wirausaha, pembangunan usaha baru, riset komersil dan transformasi industri, didukung dengan pendampingan bisnis.

Dan akses ke keahlian teknologi digital terbaru untuk menciptakan ekosistem yang mendukung inovasi, serta wirausaha tingkat global.

Sebagai informasi, selama dua tahun berturut-turut, WSU meraih predikat peringkat pertama dari Times Higher Education (THE) University Impact Rankings atas dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang telah ditimbulkan.

Melalui pencapaian tersebut, WSU melanjutkan dampak positifnya bagi masyarakat Indonesia dengan menghadirkan pendidikan yang diakui secara internasional dengan lingkungan belajar kelas dunia yang bertumpu kepada aspirasi mahasiswa dan berbasis teknologi di Surabaya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.