Dark/Light Mode

RI Serukan Perdamaian dan Kolaborasi di Sidang Umum UNESCO ke-42

Minggu, 12 November 2023 13:01 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, dalam pidato nya pada Sidang Umum UNESCO ke-42 yang berlangsung pada 10 November 2023, di Kantor Pusat UNESCO, Paris, Prancis, (10/11/2023). (Dok. Kemendikbudristek)
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, dalam pidato nya pada Sidang Umum UNESCO ke-42 yang berlangsung pada 10 November 2023, di Kantor Pusat UNESCO, Paris, Prancis, (10/11/2023). (Dok. Kemendikbudristek)

 Sebelumnya 
Suharti menambahkan, sebagai negara megabiodiversitas, Indonesia dengan tanggung jawab menjaga kelestarian kekayaan alamnya melalui berbagai program UNESCO, akan terus berkomitmen untuk inovasi dan penelitian yang inklusif guna pemanfaatan sumber daya berkelanjutan di berbagai sektor, mendukung konservasi biodiversitas, dan inisiatif ekonomi hijau dan biru.  

Indonesia akan menjadi tuan rumah World Water Forum di Bali pada tahun 2024, menekankan kolaborasi global dalam menghadapi tantangan kritis terkait air.

Dukungan dan partisipasi negara anggota dalam acara ini menjadi kunci untuk memastikan keberhasilannya.  

Baca juga : Sompo Insurance dan CIMB Niaga Kolaborasi Luncurkan Produk Cyber Protector

Dalam ranah komunikasi dan informasi, Indonesia mendukung dengan tegas inisiatif Memory of the World, yang bertujuan untuk melestarikan warisan dokumenter, yang saat ini telah dicatatkan menjadi 11 warisan.

Selain itu, komitmen Indonesia terhadap aksesibilitas terbukti melalui Arsip Nasional Indonesia, yang berhasil mengimplementasikan layanan daring pemberian informasi tentang koleksi arsip yang terdaftar dalam program Memory of the World.

Indonesia juga mengakui seriusnya tantangan seperti disinformasi, ancaman siber, dan pelecehan daring.

Baca juga : Suara Semangat Muda: Mari Kolaborasi Ekonomi Hijau Untuk Indonesia

Indonesia tetap teguh dalam komitmennya untuk memfasilitasi aliran data bebas yang bermartabat, termasuk inisiatif lintas batas.  

Pada kesempatan yang baik itu, Indonesia mengumumkan pencalonan diri untuk menjadi anggota Dewan Eksekutif UNESCO dan Dewan Pemerintah Program Internasional untuk Pengembangan dan Komunikasi (The International Programme for the Development of Communication - IPDC) periode 2023-2027.  

“Kami berharap dukungan dari negara anggota yang sangat berharga untuk memastikan kontribusi positif Indonesia dalam mencapai tujuan nasional menjadi bagian dari masyarakat internasional, serta tujuan bersama dalam mendukung pencapaian UNESCO dan seluruh negara anggota untuk mengedepankan perdamaian,” pungkas Suharti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.