Dark/Light Mode

Mudahkan Masyarakat Bayar Tagihan Listrik

PLN Dan BRI Kolaborasi Siapin Layanan Paylater

Rabu, 27 September 2023 07:20 WIB
Pengamat ekonomi INDEF Nailul Huda. (Foto: Ist)
Pengamat ekonomi INDEF Nailul Huda. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN terus berupaya meningkatkan layanan. Teranyar, perusahaan setrum pelat merah itu, tengah menyiapkan metode pembayaran paylater untuk memudahkan pelanggan membayar tagihan listrik.

Pengembangan itu dilaku­kan PLN dengan menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Peneliti Center of Digital Economy and SMEs Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, di tengah era digital saat ini, pembelian listrik sudah bisa dibayar dengan berbagai chan­nel atau metode pembayaran.

Baca juga : Top, Bank Akan Blokir Rekening Judi Online

“Sekarang sudah ada banyak pilihan pembayaran, seperti e-wallet (dompet digital), transfer, termasuk paylater,” ujar Nailul ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Nailul mengakui, sistem pem­bayaran paylater tengah digan­drungi masyarakat, khususnya generasi muda.

Dengan kemudahan tersebut, diharapkan masyarakat dapat tetap memenuhi kebutuhan lis­trik sekaligus mampu mengelola keuangan dengan lebih baik.

Baca juga : Perbaiki Dan Tingkatkan Layanan Penumpang!

Ia menyambut positif kerja sama yang dilakukan PLN dengan BRI.

Sebab, selama pemberian pay­later dan proses assessment pay­later diterapkan secara baik dan benar, maka dia yakin, sistem pembayaran ini tidak akan men­jadi masalah di kemudian hari.

“Artinya, PLN dan BRI bisa memeriksa atau melihat kemam­puan bayar dari si pemegang akun. Jangan sampai, orang yang telat bayar listrik mendapatkan fasilitas paylater,” ungkapnya.

Baca juga : Prabowo-Airlangga Makin Lengket

Sebab, hal itu dikhawatirkan akan merugikan kedua belah pihak. Sehingga layanan pembayaran melalui paylater, sebaiknya tak hanya mengedepankan kemudahan, tetapi juga kehati-hatian.

“Jangan sampai, di kemudian hari layanan ini malah merugikan PLN dan pihak pemberi pinjaman paylater-nya,” warning Nailul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.