Dark/Light Mode

Senopati Syndicate Dukung Calon Panglima TNI Bentuk Timsus Netralitas Prajurit

Senin, 13 November 2023 21:08 WIB
Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara. (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara meminta calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mampu menjaga netralitas prajurit di Pemilu 2024 mendatang.

"Panglima harus segera membentuk tim khusus dalam menguatkan seruan untuk netralitas TNI pada Pemilu 2024 ini," kata Robi, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Kata Robi, Agus dapat menugaskan tim khusus netralitas TNI untuk bertugas memantau tentang pergerakan prajurit.

Baca juga : Jenderal Agus Diuji Hari Ini

"Jika ada yang terlibat, Panglima TNI tak segan-segan untuk mencopot dari jabatan bahkan keangotaanya sebagai TNI aktif," ungkapnya.

Pasalnya, dinilai Robi, banyak purnawirawan TNI yang ditunjuk sebagai tim sukses pasangan Capres-Cawapres. Karena itu, penting bagi Jenderal Agus untuk memastikan prajurit TNI aktif tidak ikut terseret dalam politik praktis.

"Kemudian dalam jangkauan lebih luas, tim khusus ini juga bisa menyasar pada seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang juga tidak diperbolehkan terlibat dukung mendukung pasangan calon," cetus pengamat militer dan pertahanan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Baca juga : Moeldoko Pastikan, Pergantian Panglima TNI Tak Bermuatan Politik

Robi kemudian menyinggung peristiwa politik 1966, TNI mengalami perpecahan dalam ideologi politik negara. Robi menilai, masyarakat Indonesia trauma dengan cara-cara militeristik pada era Orde Baru.

"Di mana TNI saat itu terlibat dalam politik negara yang seharusnya berada dalam kepentingan bangsa dan negara. Netralitas TNI ini telah menghasilkan sejarah yang menggembirakan, ketika tidak mengambil alih kekuasaan pada era reformasi dengan membiarkan proses demokrasi terjadi di Indonesia," papar dia.

Untuk itu, diakuinya, tim khusus netralitas TNI ini merupakan satu-satunya harapan di tengah kepercayaan publik yang sedang merosot.

Baca juga : Jenderal Agus Akan Diuji DPR

"Hanya dengan netralitas ini, panglima TNI masih bisa menjaga marwahnya sebagai TNI yang profesional dan bersama kepentingan bangsa dan negara," tutup dia.

Sekadar informasi, Jenderal Agus Subiyanto menjadi calon tunggal panglima TNI yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR RI untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan purnabakti pada tanggal 26 November 2023. DPR sudah menerima usulan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.