Dark/Light Mode

SAS Institute: Uji Netralitas Polri Saat Pemilu Ke Kompolnas, Bukan Di DPR

Senin, 20 November 2023 13:17 WIB
Jajaran petinggi Polri saat RDP dengan DPR. (Foto: Ist)
Jajaran petinggi Polri saat RDP dengan DPR. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Eksekutif Said Aqil Siradj (SAS) Institute, Abi Rekso meyakini institusi Polri netral di tahun politik pilpres 2024. Menurutnya, anggapan ketidaknetralan terhadap Polri mesti ada pembuktian dan proses hukum.

"Pertama dasar yang menjadi isu institusi Polri tidak netral adalah persepsi publik dan diskursus para elit dan akademisi. Sebagai sebuah diskursus tidak ada yang salah dengan asumsi kritis tersebut," kata Abi.

"Tetapi karena Polisi ini adalah institusi hukum, maka kita harus masuk pada pembuktian dan proses hukum. Sehingga proses kontrol hukum terhadap institusi Polri bisa disaksikan secara publik dan transparan," sambungnya.

Baca juga : IGPW: Nggak Perlu Panja Untuk Ajari Netralitas Polri Di Pemilu

Abi menuturkan,  jika ada oknum Polri yang tidak netral, maka dipastikan ada mekanisme kontrol internal yang berjalan.

"Saya yakin jika Polri tidak netral di Pemilu akan ada mekanisme internal bekerja," ujarnya.

Lebih lanjut, Abi menyoroti usulan Komisi III DPR yang membentuk Panitia Kerja (Panja) Netralitas Polri. Menurutnya, Panja itu hanya sia-sia lantaran ada Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang bisa mengawasi Polri.

Baca juga : Pengamat: Netralitas Polri Sudah Teruji, Panja Tak Diperlukan Lagi

"Usulan Komisi III itu adalah kesia-siaan, kita sudah punya Kompolnas jika kita khawatir ada abuse power di Polri. Harusnya Komisi III berikan saja kewenangan politis-penggunaan anggaran kepada Kompolnas untuk memantau jika Polri tidak netral," ucapnya.

Jika untuk pemilu, DPR pun bisa menambahkan kewenangan Bawaslu untuk menindak oknum Polri yang tidak netral.

"Jika terkait Pemilu lebih spesifik, ada Bawaslu. Komisi III bisa mengusulkan penambahan kewenangan Bawaslu untuk menindak oknum Polri yang dianggap tidak netral," ujarnya.

Baca juga : Kini Minta Panja Netralitas Polri, Banteng Coba Nanduk Lagi

"Jadi Panja Netralitas itu hanya alat tekan politis Komisi III terhadap institusi Polri," pungkas Abi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.