Dark/Light Mode

2 Dewan Pakar TKN belajar Reformasi Birokrasi Ke Alex Denni

Senin, 20 November 2023 15:38 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Mulya Amri dan Muhammad Sirod, belajar soal reformasi birokrasi dan pengembangan sumber daya manusia ke Alex Denni, di D’House of Learning Cinere Depok.

Alex Denni adalah doktor human capital jebolan IPB yang telah malang melintang di berbagai jenis dan skala institusi.

Seperti, konsultan, korporasi, BUMN, serta Kementerian termasuk menempati posisi saat ini sebagai Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca juga : KKN UBY Kelompok 14 Di Candigatak Gelar Sanggar Belajar Berbasis Knowledge

Sejak era Menpan RB Tjahjo Kumolo, Alex dilibatkan dalam membenahi pola pengembangan SDM Aparatur dan mengurai benang kusut birokrasi di Tanah Air.

Praktisi pengembangan sumber daya manusia ini telah berkiprah lebih dari 30 tahun di industri human capital Tanah Air.

Ia dipercaya sebagai Chief Human Capital atau Chief Transformation di beberapa korporasi besar, seperti Dharma Satya Nusantara, BNI serta Jasa Marga.

Baca juga : Lestari: Proses Pembelajaran Harus Didasari Kebutuhan Peserta Didik

Pada paparan slide presentasi yang disajikan Alex, menjelaskan dengan sangat detail titik-titik dan celah yang menyebabkan perlambatan reformasi birokrasi di negeri ini dan solusi percepatannya.

Alex mengatakan, secara legal formal aturan reformasi birokrasi di Tanah Air ini cenderung sangat berbelit-belit dan tidak lincah.

“Terhitung ada lebih dari 1.000 regulasi yang mengatur SDM Aparatur Negara sebagai mesin birokrasi, yang berbentuk UU hingga peraturan menteri,” ujarnya.

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Inisiatif Bantu Warga Kesulitan Air Bersih Di Wonogiri

Sementara itu, menurut anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Gibran, Mulya Amri, Phd jebolan NUS Singapura yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Golkar Institute (sejak 2020) dan Anggota Tim Pakar Katadata Insight Center (sejak 2019), Revolusi mental harus dilanjutkan setelah era kepemimpinan Jokowi.

“Caranya, memperkuat sistem dan memperbaiki budaya kerja birokrasi secara menyeluruh,” tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.