Dark/Light Mode

Sumbang Ratusan Juta Untuk Palestina

Brigjen TNI Arkamelvi Karmani Apresiasi Langkah Grup Dimensi

Rabu, 22 November 2023 12:16 WIB
Yayasan Dimensi Untuk Indonesia (YDUI), sebuah organisasi nirlaba komunitas Digital Marketing Enthusiast Indonesia (DIMENSI) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui Posko Bantuan Kemanusiaan TNI Angkatan Laut AL di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Senin (20/11/2023). Foto: Istimewa
Yayasan Dimensi Untuk Indonesia (YDUI), sebuah organisasi nirlaba komunitas Digital Marketing Enthusiast Indonesia (DIMENSI) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui Posko Bantuan Kemanusiaan TNI Angkatan Laut AL di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Senin (20/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Dimensi Untuk Indonesia (YDUI), sebuah organisasi nirlaba komunitas Digital Marketing Enthusiast Indonesia (DIMENSI) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui Posko Bantuan Kemanusiaan TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Senin (20/11/2023).

Sebanyak 25 karung atau setara dengan Rp. 111.681.100 itu terdiri dari berbagai kebutuhan pokok sehari-hari, seperti, pakaian wanita, laki-laki, anak-anak, jilbab, selimut, handuk, dan makanan, telah diserahkan ke gudang penyimpanan milik TNI AL yang diterima langsung oleh Perwira Pembantu (Paban) Pengendalian Angkutan Laut Nasional, Letkol Laut (P) Edy Irawan.

Paket bantuan kemanusiaan ini, merupakan hasil kontribusi dari sekitar 8000 member Grup Dimensi di aplikasi Telegram yang tersebar di seluruh Indonesia, guna membantu meringankan beban bagi saudara-saudara di Palestina.

Ketua YDUI, Menhefari mengatakan, ini adalah kali kedua pihaknya turut serta dalam aksi kemanusiaan untuk bangsa Palestina.

Baca juga : Baznas Terima Bantuan Rp 150 Juta Untuk Palestina Dari LAZ Abulyatama Indonesia

Dua tahun lalu, YDUI juga pernah berkolaborasi dengan Ruang Insan Berbagi, melakukan aksi serupa menggalang bantuan melalui program Food For Humanity.

"Prosesnya cepat sekali. Teman-teman bantu apa yang mereka bisa. Ada yang menyumbang baju jualan mereka sampai berkarung-karung. Ada juga yang kasih uang, lalu kami belikan lagi barang, berupa jilbab, daster wanita dll," ujar Menhefari.

Hal senada juga disampaikan Landjar Setiawan, selaku Pembina YDUI bahwa konflik bersenjata di Gaza yang terus memakan banyak korban jiwa, sungguh telah membuka mata dunia terhadap ancaman kemanusiaan di Palestina.

"Kami sangat prihatin melihat warga sipil yang terdampak akibat krisis kemanusiaan di Gaza. Bantuan ini merupakan wujud nyata dan komitmen komunitas Grup Dimensi terhadap nilai-nilai kemanusiaan, sekaligus langkah awal untuk meringankan beban saudara kita di Palestina," kata Landjar.

Baca juga : LAZ YAPI Titipkan Bantuan 100 Juta Untuk Palestina Melalui Baznas

Sementara itu, Pelindung YDUI, Brigjen TNI Arkamelvi Karman turut mengapresiasi dan mengawal kegiatan kemanusiaan ini dengan datang secara langsung ke lokasi gudang penyimpanan milik TNI AL.

"Aktivitas sosial yang dilakukan Dimensi Grup adalah bentuk empati kita terhadap masyarakat Palestina. Palestina merupakan negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. Sekarang ini saatnya kita membantu mereka," tutur Brigjen Arkamelvi.

"TNI sudah menyiapkan kapal rumah sakit dan kapal perang untuk mengangkut bantuan dari masyarakat Indonesia. Kita tinggal menunggu perintah dari Presiden, kapan kapal ini bergerak ke Palestina," sambungnya.

Perwira tinggi yang baru saja mendapat promosi jabatan sebagai Perwira Staf Ahli (Pa Sahli) Tk III KSAD Bidang Kawasan Khusus dan Lingkungan Hidup ini, mengaku terharu dengan langkah sosial yang dilakukan grup binaannya itu.

Baca juga : Bantu Palestina, Baznas Apresiasi Penggalangan Dana LAZ Assalaam Papua

"Sejujurnya saya terharu, setiap keuntungan dari berjualan online, lalu teman-teman DIMENSI dengan sukarela menyalurkan ke yayasan, kemudian yayasan menyalurkan dalam berbagai program sosial. Seperti kata Nabi, tidak akan menjadi miskin bagi orang-orang yang berbagi. Kesadaran ini sepertinya sudah terpatri dalam hati teman-teman di DIMENSI" tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.