Dark/Light Mode

Dimintai Keterangan Dewas KPK

Boyamin Tunjukin Foto Firli Bareng Alex Tirta

Minggu, 3 Desember 2023 07:30 WIB
Koordinator MAKI Boyamin Saiman (kiri) penuhi undangan klarifikasi Dewas KPK soal laporan dugaan pelanggaran kode etik oleh Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023). (Foto: Antara)
Koordinator MAKI Boyamin Saiman (kiri) penuhi undangan klarifikasi Dewas KPK soal laporan dugaan pelanggaran kode etik oleh Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Dulu kan waktu zaman helikopter, kartu kuning saya istilahkan, kalau ini hidup mewah lagi rumah mewah tanpa LHKPN, berarti kan kartu kuning kedua plus, itu kan kartu merah. Mudah-mudahan kan itu maksimal diminta mengundurkan diri, karena saksi terberatnya kan itu. Apalagi nanti kalau didalami dugaan gratifikasi,” imbuhnya.

Selain itu, Boyamin meminta agar Polda Metro Jaya untuk melakukan penahanan terhadap Firli. Menurutnya, Firli beberapa kali tidak kooperatif. “Dipanggil dua kali tidak datang, kan sudah tidak kooperatif,” nilainya.

Baca juga : AirAsia Pindahkan Penerbangan Domestik ke Terminal 2 Bandara Soetta

“(Alasan) subjektifnya, takut melarikan diri, memengaruhi saksi, kan masih bisa memengaruhi saksi, dan kemudian tidak kooperatif. Jadi menurut saya, demi keadilan ya dilakukan penahanan,” tutupnya.

Sejauh ini, Dewas KPK telah memeriksa lebih dari 30 orang terkait dugaan pemerasan Firli terhadap SYL. Selain Boyamin, Dewas ternyata telah memeriksa Alex Tirta.

Baca juga : Polisi Tetapkan Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka Pemerasan SYL

“(Pemeriksaan Alex Tirta) sudah Senin yang lalu. Karena dia di luar kota akan lama, jadi di periksa Dewas secara Zoom saja,” kata Anggota Dewas KPK, Sayamsuddin Haris kepada awak media.

Syamsuddin membenarkan materi pemeriksaan Alex Tirta terkait proses sewa rumah di Rumah Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga : Demi Netralitas, Presiden Jangan Mau Fotonya Dipasang Bareng Capres

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 3/12/2023 dengan judul Dimintai Keterangan Dewas KPK, Boyamin Tunjukin Foto Firli Bareng Alex Tirta

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.