Dark/Light Mode

2.000 Ibu Nyai Pesantren NU Akan Hadiri Harlah Ke-8 JPPPM Di Kendal

Jumat, 8 Desember 2023 11:12 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Jam'iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Mubalighoh (JPPPM) akan melangsungkan acara Harlah ke-8.

Rencananya, kegiatan organisasi istri para Kyai ini akan digelar di pondok pesantren (ponpes) Darul Amanah, Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, 9-10 Desember 2023 mendatang.

"Nanti akan diikuti oleh kurang lebih sebanyak 2.000 para Ibu Nyai yang tergabung dari Ponpes di seluruh Indonesia dan beberapa dari luar negeri, karena ini acara internasional," Kata pimpinan Ponpes Darul Amanah, Gus Muhammad Fatwa, Jumat (8/12/2023).

Baca juga : Petinggi Parpol Main Proyek Di Kementan

Acara Harlah tersebut juga nantinya akan dihadiri oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Shohibul Ma'had, KH. Mas'ud Abdul Qadir, Bupati Kendal Dico Ganinduto, dan Ketua Umum JPPPM Nyai Hj Hannik Maftuhah.

Acara Harlah ke-8 JPPPM ini digelar sebagai penguatan eksistensi JPPPM dalam berkhidmat untuk umat dan membangun ukhuwah kebangsaan. 

Diharapkan, bisa menguatkan persatuan di antara para Ibu Nyai di seluruh ponpes Indonesia.

Baca juga : Bareng Ribuan Warga Sleman, Santrine Abah Ganjar Peringati Hari Lahir Ke-1 Tahun

Acara ini juga diharapkan akan menambah semangat dalam mencari ilmu, semangat untuk mengajar di pesantren dan memberikan peran perempuan dalam pendidikan agama Islam semakin meningkat.

“Khususnya dari para istri kyai dalam mengasuh pondok pesantren masing-masing," harap Gus Fatwa.

Gus Fatwa juga menambahkan, perempuan merupakan guru pertama bagi anak-anak.

Baca juga : Bersama Presiden, Mentan Amran Hadiri Peringatan Hari Pahlawan Di TMP Kalibata

Selain itu, dalam lingkungan ponpes, Nyai juga berperan mengelola serta mendidik para santri yang juga berperan dalam mengawasi dan memberikan pembelajaran.

“Dalam hal ini dibutuhkan sinergitas antarorganisasi perempuan di lingkungan Ponpes, agar upaya mendidik ummat semakin efisien,” tutup Gus Fatwa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.