Dark/Light Mode

Pengamat Harap Para Surveyor Jaga Kepercayaan Publik

Senin, 11 Desember 2023 18:45 WIB
Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam. Foto: Istimewa
Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam mengatakan, kredibilitas lembaga survei mengalami ujian terberat sepanjang Pemilu pasca reformasi.

"Ujian paling berat lembaga survei sepanjang Pemilu pasca reformasi menurut saya ya kali ini, Pemilu 2024," kata Surokim dalam keterangannya, Senin (11/12/2023). Menurut dia, ada sebagian oknum lembaga survei yang terjebak ke dalam perangkap sebagai konsultan politik.

Baca juga : Jelang Nataru, Pj Gubernur Jateng Minta Pemda Antisipasi Lonjakan Inflasi

Padahal, keduanya memiliki poksi tugas yang berbeda. Kondisi ini harus diperhatikan lebih cermat oleh penyelenggara Pemilu.

"Situasi yang sungguh patut diwaspadai dan dijaga khususnya oleh para penyelenggara Pemilu agar trust publik bisa pulih. Sebab, bagaimana pun esensi demokrasi elektoral itu legitimasi dan trust dan ini wajib dijaga semua pihak jika kita ingin Pemilu kita meningkat kualitasnya secara substantif," ungkap Surokim.

Baca juga : Pengamat: Hampir Semua Kubu Punya Pasukan Buzzer

Dia berharap, muncul lembaga survei pembanding yang lain agar kita bisa membandingkan dan menemukan intersubjectivity itu sehingga akan lebih mudah memberi penilaian.

Jika lembaga survei terbatas, maka absolutisme dan hegemonik data bisa terjadi. Meski begitu, Surokim tetap yakin bahwa lembaga survei bisa memainkan perannya dengan positif pada pesta demokrasi ini.

Baca juga : BI Dan Bank Sentral Uni Emirat Arab Perkuat Kerja Sama Keuangan Islam

"Saya masih meyakini bahwa lembaga survei di Indonesia bisa menjadi oksigen demokrasi elektoral kita dan masih punya masa depan untuk menjadi bahan referensi dan edukasi publik. Karena itu, lembaga survey yang muncul dari banyak pihak sungguh diharapkan," tandas Surokim.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.