Dark/Light Mode

Ribuan Mahasiswa di Makassar Gelar Mimbar Demokrasi

Minggu, 17 Desember 2023 23:39 WIB
Mahasiswa menggelar mimbar demokrasi di Kampus STIE AMKOP, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (17/12). (Foto: Istimewa)
Mahasiswa menggelar mimbar demokrasi di Kampus STIE AMKOP, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (17/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan mahasiswa melakukan aksi mimbar demokrasi di halaman Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE AMKOP), Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (17/12). Dalam aksinya, ribuan mahasiswa tersebut menggunakan topeng Guy Fawkes yang menjadi simbol perlawanan terhadap kondisi politik terkini.

Kegiatan ini melibatkan 12 kampus terkemuka di Makassar. Selain mahasiswa, ada juga sopir angkot, tukang becak, pengendara bentor, komunitas Vespa, dan organisasi tunarungu terlibat dalam mimbar demokrasi ini.

Baca juga : Ribuan Nelayan Cilacap Deklarasi Dukung Prabowo

Inisiator mimbar demokrasi Makassar Aspar Muin menegaskan, Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 90/PUU-XXI/2023 mengejutkan publik. Putusan itu menyalahi aturan. Terbukti, setelah putusan itu, Anwar Usman diputus melanggar etik berat dan dicopot dari posisinya sebagai Ketua MK.

Kegiatan mimbar demokrasi ini juga melibatkan seniman mural dan bank ternama di Kota Daeng; Kapal Udara dan Makassar Uye. Terlihat juga hadir komunitas Vespa dan sopir angkot dan bentor, juga menghadirkan tokoh publik untuk memberikan orasi kebangsaan.

Baca juga : Ratusan Mahasiswa Darussalam Gelar Mimbar Demokrasi Tolak Politik Dinasti

Selain panggung rakyat, mimbar bebas ini diisi dengan orasi dan penampilan seniman, AMPDS membagikan topeng V for Vandetta kepada peserta sebagai dan juga stiker.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.