Dark/Light Mode

Suarakan Solidaritas, OIC Youth Indonesia Gelar Seminar Tentang Uighur

Selasa, 19 Desember 2023 17:27 WIB
Suarakan Solidaritas, OIC Youth Indonesia Gelar Seminar Tentang Uighur

RM.id  Rakyat Merdeka - OIC Youth Indonesia dan Center for Uyghur Studies menggelar seminar dan press conference bertema solidaritas dan update terkini terkait Uighur, di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Dengan menghadirkan narasumber utama, Mr Abdulhakim Idris, selaku direktur eksekutif Center of Uyghur Studies, serta Astrid Nadya Rizqita selaku Presiden OIC Youth Indonesia, dan peneliti tentang Uyghur dari STAI Persis, Imam Sopyan.

Baca juga : Akademisi Indonesia dan Ukraina Sepakati Rencana Penelitian Bersama

Menurut Astrid Nadya Rizqita, seminar ini merupakan bagian dari rangkaian seminar yang diselenggarakan di berbagai kota Indonesia mulai dari 8 -18 Desember 2023, melibatkan kota-kota seperti Jogjakarta, Makassar, Jakarta, Bandung, dan Medan. Dengan tema "Uyghur Plight: Call for Solidarity".

"Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan solidaritas terhadap situasi yang dihadapi oleh masyarakat Uighur," ungkapnya.

Baca juga : Ziarah Ke Makam Bung Karno, Prabowo Disambut Antusias Para Peziarah

Astrid menegaskan, bahwa advokasi dan peningkatan kesadaran terhadap isu Uighur telah menjadi fokus organisasi OIC Youth Indonesia sejak pendiriannya.

Melalui pendekatan HAM dan anti-islamofobia, OIC Youth Indonesia, menurutnya terus berkomitmen untuk memperjuangkan hak asasi manusia dan memerangi ketidakadilan.

Baca juga : Bekali Ilmu Pajak Internasional, IKPI-UKI Gelar Seminar Penerapan Tax Treaty

"Kami, sebagai civil society, melakukan tugas kami untuk raise awareness. Selain itu, kami sangat paham bahwa Indonesia memiliki landasan politik luar negeri bebas aktif, dan ini bukan berarti kita netral, tapi bagaimana bersikap sesuai pada nilai-nilai," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.