Dark/Light Mode

Tinjau Gereja Katedral Dan GRII

Kapolri Bicara Keberagaman Hingga Jaga Persatuan-Kesatuan Indonesia

Minggu, 24 Desember 2023 20:20 WIB
Foto: Divhumas Polri.
Foto: Divhumas Polri.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) dan Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Sigit berbicara soal indahnya keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia.

"Tentunya ini adalah anugerah Tuhan buat kita semua dan yang lebih menggembirakan bahwa Indonesia dilahirkan dari keberagaman," tutur Sigit.

Menurut Sigit, jika dijaga seluruh lapisan masyarakat, keberagaman yang dimiliki itu akan menjadi satu kekuatan yang membawa Indonesia menjadi negara maju dan besar.

Baca juga : Kapolri Dan Kapolda Metro Jaya Pastikan Natal 2023 Aman Dan Kondusif

Salah satu bentuk menjaga keberagaman, adalah saat perayaan Natal.

Pengamanan dilakukan oleh umat beragama lainnya dengan bersinergi bersama TNI dan Polri di seluruh Indonesia.

"Ini menjadi bukti bahwa Indonesia sangat menghormati toleransi agama dan sangat menghormati hak-hak untuk beribadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing, ini harus kita jaga dan pertahankan," imbaunya.

Eks Kabareskrim Polri itu menegaskan, TNI-Polri melakukan pengamanan perayaan Natal sebagai bentuk komitmen untuk menjaga, serta mengawal kebebasan beribadah bagi seluruh masyarakat, yang merupakan hak asasi manusia dan hak konstitusional di NKRI.

Baca juga : Groundbreaking Polres Khusus Kawasan IKN, Kapolri Komit Kawal Kebijakan Presiden

"Kegiatan pengamanan dilaksanakan di dalamnya tidak hanya unsur Polri, TNI, namun juga melibatkan sahabat-sahabat dari ormas agama lain. Ada NU, Muhammadiyah, dan juga ormas keagamaan lainnya," ungkapnya. 

"Ini menunjukkan bahwa toleransi di Indonesia terkait keberagaman yang kita miliki sampai saat ini terus terjaga dengan baik. Ini adalah kekuatan kita menjaga keberagaman dan untuk mewujudkan cita-cita kita menjadi negara maju, menjadi Indonesia Emas tahun 2045," sambung Sigit.

Sigit juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga nilai persatuan dan kesatuan.

Terutama, ketika memasuki tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Baca juga : Qodari: Pilpres Sekali Putaran Beri Kepastian Politik, Jaga Pertumbuhan Ekonomi

"Tentunya saya titip, mari kita berdoa bersama menjaga agar di tengah perbedaan pendapat yang ada, seluruh rakyat kita, seluruh pimpinan kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Karena ini menjadi modal utama untuk membawa Indonesia jadi negara maju," papar Sigit.

"Kita sama-sama jaga dan harapan kita bahwa dengan persatuan, doa yang kita panjatkan, indonesia selalu baik dan akan menjadi lebih baik," imbuh mantan Kapolda Banten ini. 

Sigit merasa bersyukur lantaran umat Kristiani dapat melaksanakan ibadah Natal dengan tenang, aman dan nyaman.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat melaksanakan ibadah Natal dan puji tuhan bahwa ibadah Natal kita bisa dilaksanakan dengan baik, dengan tatap muka. Walaupun kita tahu bahwa laporan di media terkait Covid-19. Tapi Puji Tuhan, ini tidak menjadi hambatan atau kendala bagi kita semua untuk bisa melaksanakan, menjalankan ibadah Natal dan ini juga berlaku di seluruh Indonesia," tutup Sigit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.