Dark/Light Mode

Pengganti Firli Lagi Ditimang

Minggu, 31 Desember 2023 08:10 WIB
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri. (Foto: Antara)
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Mantan penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap mengatakan, pengganti Firli harus berdasarkan rekam jejak yang baik serta memiliki prinsip non-intervensi. “Dan yang tidak kalah penting tidak mau diintervensi oleh siapa pun dan dengan cara apa pun,” kata Yudi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Menurut Yudi, dua kriteria tersebut menjadi hal utama yang harus dimiliki para calon pimpinan KPK di tengah kontroversi dan penurunan kepercayaan dari publik. Hal lain yang tidak kalah penting, lanjut Yudi, adalah kemampuan baik dalam bekerja sama supaya dapat menjaga kekompakan dengan pimpinan lain KPK, serta patuh terhadap kode etik KPK. “Termasuk tidak bertemu dengan pihak-pihak yang terkait perkara,” tambahnya.

Baca juga : Pengamat Minta Video Gus Miftah bagi-bagi Duit Diusut

Yudi pun berharap, pimpinan baru KPK juga memiliki komitmen untuk tidak menjadi bagian dari masalah ketika berada di KPK. Dia menjabarkan saat ini terdapat beberapa nama tersisa dari calon pimpinan KPK yang tidak terpilih pada 2019, di antaranya Sigit Danang Joyo, Luthfi Jayadi Kurniawan, dan I Nyoman Wara. Menurut dia, nama-nama tersebut punya peluang yang sama.

“Saya tidak mengunggulkan salah satu dari empat orang itu, yang penting mau kerja dan nggak bermasalah selama di KPK, selama meneruskan periode ini yang akan berakhir 20 Desember 2024,” tegasnya.

Baca juga : Rancangan Keppres Pemberhentian Firli Bahuri Sudah Disiapkan Istana

Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia, Chudry Sitompul mengatakan, pengganti Firli harus merupakan figur yang bersih dari kasus hukum dan memiliki integritas yang tinggi. Kata dia, jangan sampai kasus yang menimpa Firli yang menjadi tersangka kasus pemerasan Sahrul Yasin Limpo kembali terjadi.

“Karena itu komisioner KPK harus figur yang bersih dan mempunyai intergiritas yang tinggi agar KPK menjadi lembaga yang kredibel dan tepercaya,” kata Chudry, kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (30/12/2023).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 31/12/2023 dengan judul Pengganti Firli Lagi Ditimang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.