Dark/Light Mode

Cepat Beli Beras Petani

Sabtu, 23 Desember 2023 06:07 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak pertengahan Desember 2023 ini, petani padi di Jawa, Lampung dan Sumatera Selatan sudah mulai panen. Mereka sangat berharap, gabah atau berasnya dibeli Bulog dengan harga yang layak.

Mereka takut, saat areal panen meluas, harga gabah dan beras di tingkat petani anjlok. Oleh sebab itu, mereka berharap, Satgas Bulog segera turun ke lapangan, menyerap gabah dan beras dengan harga yang menguntungkan petani.

Baca juga : Ayo Gerak Cepat Banjiri Pasar Beras

Saat panen dimulai, biasanya para tengkulak mengincar gabah petani. Bahkan ada yang memberikan uang dimuka, seminggu sebelum panen. Dengan iming-iming uang tunai, banyak petani yang butuh uang akhirnya melepas gabah atau berasnya ke teng­kulak dengan harga rendah.

Sekarang ini, saat Bulog sedang mengejar target mengisi gudang berasnya hingga dua juta ton, maka panen kali ini adalah waktu yang tepat untuk menyerap gabah dan beras petani.

Baca juga : Ayo Hentikan Caci Maki

Supaya Bulog bisa bergerak lebih lincah dalam menyerap gabah dan beras petani, tambahan dukungan finansial dari pemerintah sangat dibutuhkan. Sehingga berapapun banyaknya produksi beras petani, bisa dibeli Bulog.

Kita berharap, dengan mendapat­kan uang tunai dari Bulog, petani bisa menggarap lagi sawahnya untuk musim tanam berikutnya. Upaya terobosan ini penting untuk memacu produksi beras dalam negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.