Dark/Light Mode

Siapkan SDM Kompeten, Ganjar-Mahfud Gagas Program Lulus Langsung Kerja

Senin, 1 Januari 2024 19:00 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjanji bakal mencetak tenaga kerja terampil. Tujuannya supaya anak-anak Indonesia mudah mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan.

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan diperlukan strategi khusus untuk menarik investor untuk berinvestasi. Bukan cuma sekadar membuka lapangan kerja, tapi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Indonesia juga harus kompeten.

Sehingga menjadi pertimbangan investor untuk memberikan upah yang laik.

"Bayangkan Indonesia menjadi destinasi investasi yang menggiurkan. Investor dari seluruh dunia dan lokal berebut membangun bisnis dan pabrik di negeri kita. Mereka tidak hanya datang karena upah buruh murah, tetapi karena tenaga kerja kita yang terdidik dan terampil," kata Ganjar, dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

Baca juga : Program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana Ganjar-Mahfud Dinilai Bisa Putus Rantai Kemiskinan

Ganjar-Mahfud berjanji mencanangkan program 'Sekolah Digaji, Lulus Pasti Kerja'. Program tersebut dipastikan akan mencetak tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan industri.

Selain itu, anak-anak muda Indonesia juga dipastikan bakal mendapatkan benefit berupa upah sejak masih duduk di bangku sekolah.

Untuk mengeksekusi program tersebut, ucap Ganjar, dibutuhkan percepatan transformasi pendidikan vokasi.

Hal itu dilakukan demi mempersiapkan pelajar Indonesia dalam dunia kerja, meningkatkan kualitas hidup melalui fokus pada future skills, dan keterampilan sesuai kebutuhan industri.

Baca juga : Ganjar Gagas Program SMK Gratis Untuk Keluarga Kurang Mampu

"Hal ini dilakukan dengan melibatkan kolaborasi antar lembaga Pemerintah, Industri, KADIN (Kamar Dagang Dan Industri) dan pemangku kepentingan lain," urai dia.

Tak hanya janji semata, Ganjar-Mahfud telah menyiapkan sejumlah jurus ampuh. Jika terpilih, duet paslon nomor urut tiga itu bakal membentuk satuan tugas khusus lintas lembaga untuk percepatan implementasi kurikulum Merdeka yang sudah ada.

Selanjutnya, menyediakan anggaran gaji saat menjalani magang dan insentif bagi guru. Ganjar-Mahfud juga akan memfasilitasi sertifikasi kompetensi dengan menggandeng KADIN Indonesia dan industri terkait.

Pengawalan terhadap para pelajar dan mahasiswa juga bakal dilakukan hingga setelah kelulusan. Pasca menyelesaikan pendidikan, Pemerintah akan memberikan bantuan berupa penyaluran tenaga kerja dan bantuan modal bagi mereka yang memutuskan untuk membangun usaha sendiri.

Baca juga : Kekerasan Oknum TNI Terhadap Relawan Ganjar-Mahfud Cederai Pemilu

Demi melancarkan program tersebut, Ganjar-Mahfud bakal menyediakan anggaran sebesar Rp 12,55 triliun per tahun. Jika dirinci, alokasi anggaran tersebut terbagi untuk gaji magang siswa/siswi SMK tahun akhir sebesar Rp 12,48 triliun dan insentif guru sebesar Rp 76 miliar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.