Dark/Light Mode

Istana Pastikan Bantuan Terus Dikucurkan

Rakyat Butuh Bansos

Jumat, 5 Januari 2024 08:46 WIB
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (Foto: Antara)
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usulan sejumlah pihak agar penyaluran bantuan sosial (bansos) ditunda hingga usai Pemilu, ditolak pemerintah. Pihak Istana memastikan akan terus menyalurkan bansos di sepanjang tahun 2024. Istana menyebut, rakyat butuh bansos untuk menghadapi situasi sulit.

Langkah pemerintah menyalurkan bansos sempat jadi polemik dan diprotes kubu Capres-Cawapres nomor urut 1 dan 3. Protes itu muncul setelah Ketum PAN yang juga Mendag Zulkifli Hasan “jualan” bansos dalam kampanyenya. Bahkan, sempat ada usulan agar penyaluran bansos ditunda sampai Pemilu selesai, meskipun kemudian diralat.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Pemerintah tidak mungkin menunda pemberian bansos. Kata dia, Pemerintah harus tetap menjalankan program bansos karena masih ada keluarga miskin, yang sedang menghadapi situasi sulit akibat kenaikan harga bahan-bahan pokok.

Baca juga : Indonesia Bakal Kirim Bantuan Ke Gaza 3 Kali Lipat Lebih Banyak Di 2024

“Tujuan utama bansos adalah bantalan atau perlindungan sosial agar masyarakat atau keluarga miskin mampu bertahan menghadapi tekanan kenaikan harga pangan, sebagai dampak El Nino maupun gangguan rantai pasok yang berdampak pada kenaikan harga pangan global,” kata Ari melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Ari menegaskan bansos adalah program afirmasi dari Pemerintah untuk rakyat yang dananya bersumber dari APBN dan telah disetujui bersama oleh Pemerintah dan DPR. “Jadi, tidak ada hubungannya dengan proses pemilu,” ungkapnya.

Ari memastikan target sasaran bansos sudah jelas, yakni Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang bersumber dari data-data sesuai nama dan alamat. “Pelaksanaan di lapangan juga terbuka untuk diawasi oleh berbagai pihak. Bahkan, Pemerintah mendorong konvergensi program agar berbagai pihak, termasuk kalangan non-pemerintah, terlibat dalam program penanggulangan kemiskinan,” ujar Ari.

Baca juga : Pastikan Bansos Jalan Terus, Ganjar: Diatur Agar Tepat Sasaran

Di tempat terpisah, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ikut menanggapi polemik bansos.

“Kalau ada orang yang ingin bansos BLT El Nino dihentikan, kita ingin ini dilanjutkan dan ditambah. Itu kira-kira,” kata Zulhas di Pasar Palmerah, Jakarta, Kamis.

Ketum PAN ini menegaskan Koalisi Indonesia Maju berkomitmen untuk melanjutkan semua program Presiden Jokowi. Soal tudingan telah melakukan politisi bansos, Zulhas menanggapi dengan santai.

Baca juga : Bantuan Pangan Dikucurkan, Bapanas Pede Tepat Sasaran

“Mau beritain apa saja boleh, senang, ntar minggu depan saya tanggapin,” ujarnya
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.