Dark/Light Mode

Keluar Sebentar dari RSPAD, Wiranto Bicaranya Lirih

Minggu, 20 Oktober 2019 05:59 WIB
MASIH PUCAT: Menko Polhukam, Wiranto (tengah), seusai menghadiri acara silaturahmi dengan keluarga besar Kemenko Polhukam, di Jakarta, kemarin. Wiranto izin sementara meninggalkan perawatan di RSPAD Gatot Subroto. (Foto: Putu Wahyu Rama /RM).
MASIH PUCAT: Menko Polhukam, Wiranto (tengah), seusai menghadiri acara silaturahmi dengan keluarga besar Kemenko Polhukam, di Jakarta, kemarin. Wiranto izin sementara meninggalkan perawatan di RSPAD Gatot Subroto. (Foto: Putu Wahyu Rama /RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Polhukam Jenderal (Purn) Wiranto, kemarin, izin keluar dari rumah sakit. Hanya sebentar. Bukannya pulang ke rumah, dia memilih ke kantornya, Kemenkopolhukam, untuk pamitan ke anak buahnya. Wajahnya masih pucat. Tapi semangatnya tetap membara.

Wiranto meninggalkan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, setelah menjalani perawatan selama sembilan hari pasca ditusuk Abu Rara di Pandeglang, Kamis (10/10) lalu. Wiranto keluar dari rumah sakit tentara itu, pukul 13.10 WIB. Mengenakan jaket bomber hijau tua, dia keluar melalui pintu belakang Paviliun Kartika, tempatnya dirawat. Eks Menhankam dan Pangab itu berjalan kaki ditemani istrinya dan juga dokter kepresidenan yang merawatnya, yakni Dokter Terawan.

Di pelataran, sudah menunggu mobil Toyota Alphard warna hitam nopol B 2538 RFS. Sebelum memasuki mobil, Wiranto bersalaman dengan dokter Terawan.

Dari RSPAD, Wiranto menghadiri acara silaturahmi dengan seluruh pegawai Kemenko Polhukam. Dia hadir di kantornya pukul 14.30 WIB. Wajahnya tampak fresh alias segar. Dia mengaku membolos dari RSPAD. "Terus terang ya, saya membolos dari RS untuk bertemu dengan keluarga besar Kemenkopolhukam," tutur Wiranto.

Baca juga : Hari Ini Keluar RSPAD, Wiranto Langsung Ngantor

Dia mengaku dikawal dua dokter RSPAD dalam acara tersebut. Dalam acara silaturahmi itu, Wiranto berterima kasih pada jajaran Kemenko Polhukam. Anak buahnya diminta meningkatkan kinerja pada periode pemerintahan mendatang. Dia juga memberi sedikit wejangan pada jajaran Kemenko Polhukam.

Wiranto mengingatkan, Kemenko Polhukam bukan tempat persinggahan untuk mencari jabatan dan pangkat. Melainkan, untuk pengabdian. Tak lama Wiranto menghadiri acara itu. Hanya sekitar setengah jam, dia pamitan. "Saya kira itu yg saya sampaikan, saya akan kembali ke RS untuk terus menjalani perawatannya," tutur Wiranto.

Dia mengaku, belum sepenuhnya pulih dari cedera berat yang dialaminya akibat penusukan yang dilakukan Abu Rara, sembilan hari lalu. "Anda liat aja saya seperti ini sekarang, tentu belum pilih. Dan cedera berat seperti itu tentu belum bisa pulih 100 persen," selorohnya.

Wiranto yang mengenakan kemeja batik kuning-biru lengan panjang itu memang hanya duduk selama memberikan keterangan. Suaranya pun masih lirih. Tidak sekeras biasanya. Dia berharap bisa lekas pulih dan bisa kembali bertugas seperti biasa.

Baca juga : Mau Pensiun, Menteri Agraria Bicara Mafia Tanah

"Hari ini kan saya masih Menkopolhukam sampai nanti pelantikan yang baru. Jadi saya tentu akan terus tetap melaksanakan tugas sampai kabinet yang baru dilantik," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wiranto juga menyampaikan rasa terima kasih dan hormat kepada Presiden Jokowi dan Wapres JK, serta para menteri, ustadz, ulama, dan tokoh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan doa terhadapnya pasca musibah yang menimpanya. Tak lupa, terima kasih juga diucapkannya untuk para dokter dan perawat di RSPAD dan RSUD Pandeglang yang telah merawatnya.

Dari Kantor Kemenko Polhukam, Wiranto balik lagi ke RSPAD untuk menemui Sultan Brunei Darussalam Haji Hassanal Bolkiah yang datang menjenguknya. Sultan Bolkiah datang sekitar pukul 18.10 WIB. Dengan mengenakan jas hitam, dia masuk melalui pintu Ruang Pemeriksaan Kondisi Kesehatan RSPAD. Dia hanya 10 menit di sana.

Comeback-nya Wiranto direspons netizen alias warganet. Ada yang ngucapin selamat atas kesembuhannya. "Alhamdulillah, Pak Wiranto sudah diparingi kesembuhan. Siap siap menyambut #PestaRakyatNKRI," cuit @Ammar_Faeyza merujuk pada pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden-wapres hari ini.

Baca juga : Hanya Orang Sinting Yang Anggap Pak Wiranto Akting

Akun @arien06 mengingatkan, Wiranto masih kembali dirawat di RSPAD. "Balik lg ke RSPAD bro.. Masih perawatan beliau... Get well soon pak wiranto... We love you," sambungnya.

Sementara @AmienDenis memuji sikap Wiranto yang nekat membolos demi silaturahmi ke kantornya. "Panutan, sakit tetap bertugas," kicau dia. "Mantappp semoga cepat sembuh dan semoga jadi menteri lagi lanjutkan," sambar @Semmy09218257.

Tapi, ada juga yang nyinyir. @Stevaniehuangg adalah salah satu yang mencuit bernada sarkasme. "Alhamdulillah udah keluar dari RS-nya. Btw buat horang-horang kaya di +62 ini jadikan contoh ya. Kalau sakit jangan jauh-jauh ke luar negeri. Dokter-dokter kita juga bagus-bagus kok. Buktinya Pak Wir ditusuk bisa cepat sembuhnya," kicau dia.

Akun @Raxsha3 menyambut cuitan itu. "Mak-mak yang operasi melahirkan bisa nanya-nanya sama om Wir gimana biar cepat sehat," tulisnya. Sementara akun @fathurdoaibu berkelakar. "Wiranto bolos dari RSPAD. Awas, absen kurang nanti ngulang taun depan," kelakarnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.