Dark/Light Mode

Menlu Retno Pastikan Para Diplomat Jaga Netralitas

Senin, 8 Januari 2024 23:13 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri akan menjaga netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024.  

Retno memastikan para diplomat menjaga netralitas, serta siap berkontribusi mensukseskan Pemilu 2024 yang jujur dan adil. 

Hal ini dia sampaikan di acara Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2024 yang diselenggarakan di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), Bandung, Senin (8/1/2024).  

"Saya yakin seluruh diplomat Indonesia senantiasa menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas," kata Retno.

Baca juga : Menlu Retno: Kepemimpinan Indonesia Diakui Dunia

Menlu perempuan pertama di Indonesia itu juga mengapresiasi para diplomat dan para pihak di Kemlu yang sedang bertugas di Indonesia maupun di luar negeri.

Apresiasi disampaikan Retno kepada mereka atas semua kerja dan dedikasi, yang baginya telah banyak membantu dirinya menavigasi diplomasi Indonesia selama 9 tahun menjabat sebagai menteri luar negeri.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum pada 14 Februari 2024.

Sekitar 204,8 juta masyarakat Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Sidak Samsat, Pastikan Pelayanan Maksimal di Awal 2024

Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden akan bertarung dalam pemilu ini.

Di antaranya pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Retno berharap siapapun yang memimpin Indonesia kedepannya, para diplomat, ASN maupun staf di Kemlu dapat terus bekerja secara profesional. 

"Siapa pun yang akan memimpin Indonesia nanti, saya harap teman-teman terus bekerja sepenuh hati, mengabdi, senantiasa menjadi diplomat yang bermartabat, menjalankan profesionalisme yang tinggi dan terus menyebarkan energi positif dan kebajikan," ujar Retno.

Baca juga : Perusahaan Gelar Upacara Hormati Serangga Terbunuh

Retno juga mengapresiasi kerja sama para negara sahabat, organisasi internasional, mitra BUMN dan swasta, para tokoh masyarakat, civitas akademika, CSO, serta seluruh masyarakat Indonesia atas kontribusi dan dukungan bagi pelaksanaan diplomasi Indonesia. 

Apresiasi dan penghargaan tinggi juga dia tujukan kepada DPR, khususnya Komisi I serta atas dukungan dan kerja sama yang baik.

"Politik Luar Negeri bebas aktif adalah napas dan tiang kita. Siapa pun yang akan memimpin Indonesia nanti, saya yakin tidak akan meninggalkannya," kata Retno.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.