Dark/Light Mode

Skandal Pungli Di Rutan Gedung Merah Putih

93 Pegawai KPK Disidang Etik

Jumat, 12 Januari 2024 07:30 WIB
Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Albertina Ho. (Foto: Antara)
Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Albertina Ho. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Diketahui M merupakan petugas registrasi di Rutan K4 Gedung Merah Putih. Lantaran tugasnya, oknum itu bisa mendapatkan nomor telepon keluargatahanan yang berkunjung.

M bertugas menjawab per­tanyaan-pertanyaan dari kelu­arga tahanan mengenai prosedur kunjungan. Mulai dari sini, oknum itu kerap berkomunikasi melalui telepon maupun video call denganistri tahanan. Selama kurun Agustus hingga Desember 2022 diketahui terjadi 10 kali video call.

Diduga istri tahanan itu kerap diminta melakukan perbuatan tak senonoh saat video call. M dan istri tahanan pernah satu kali bertemu di Tegal.

Baca juga : Pemerintah Penuhi Permintaan Petani

Pelapor menaruh curiga karena sejak September 2022 melihat kakak iparnya sering menerima telepon lalu berbicara secara berbisik-bisik

Pelapor pernah melihat istri kakak itu berbincang dengan M ketika registrasi besuk tahanan. Namun saat itu, ia menganggap wajar karena M adalah petugas yang mendata pengunjung rutan

Pelapor baru mengetahui hubungan istri kakaknya dengan M pada 5 Januari 2023. Saat itu, kakak iparnya menitipkan ponselnya karena tidak boleh dibawa masuk ke dalam rutan.

Baca juga : KPU Ngaku Human Error

Ia pun membuka handphone kakak iparnya itu dan diketahui sering melakukan panggilan video sejak September 2022. Komunikasi dilakukan dengan nomor yang diberi nama “Pusat HP”.

Pelapor pun curiga karena ada beberapa kali panggilan video call berdurasi panjang hingga 20 menit. Panggilan itu dilakukan pukul 3 atau 4 dini hari.

Ketika dicecar, istri tahanan itu menyangkal. Pelapor mengancamakan melaporkan ke suaminya dan mertua jika tidak mengaku.

Baca juga : Pemda Jangan Maksa

Pada 10 Januari 2023 istritahanan itu akhirnya mengakui ada hubungan dengan M. Perempuan itu mengaku sering video call sampai memperlihatkan bagian sensitif tubuhnya. Ia terpaksa melakukannya karena diminta M.

Dia takut bila permintaan tidak dituruti akan berpengaruh terhadap suaminya yang sedang ditahan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.