Dark/Light Mode

Kecil Makan Bekicot, Pemeran Bajaj Bajuri Ini Bisa Lulus UI Dan Jadi Anggota DPR

Rabu, 17 Januari 2024 15:40 WIB
Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka saat menjadi narasumber di program Podlitics Rakyat Merdeka. (Foto: YouTube: Rakyat Merdeka TV)
Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka saat menjadi narasumber di program Podlitics Rakyat Merdeka. (Foto: YouTube: Rakyat Merdeka TV)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebelum duduk di kursi DPR, Rieke Diah Pitaloka ditempa dengan berbagai kesulitan di masa kecilnya. Bahkan ia pernah melewati fase makan bekicot, ulat hingga belalang untuk mengganjal perut kosongnya.

Namun demikian, ia mengaku melewati masa-masa itu dengan bahagia dan suka cita. Karena baginya hidup itu indah, meski dalam keadaan sulit sekalipun.

"Life is beautiful. Hidup itu hanya akan jadi masalah kalau kamu anggap masalah. Kalau suatu hal tidak dijadikan masalah ya enggak jadi masalah," kata pemeran film Bajaj Bajuri ini saat berbincang dengan Yusuf Wuisan host program Podlitics, di kanal YouTube Rakyat Merdeka TV.

Baca juga : Relawan GSP Bagikan Susu Dan Merchandise Buat Warga Maluku

Bahkan, ia mengaku bangga memiliki seorang ayah yang selalu humoris dan menekankan pentingnya menuntut ilmu. Bagi keluarganya, pendidikan sangat penting.

"Saya enggak punya TV loh di rumah. Tapi ayah saya punya perpustakaan kecil, jadi karena enggak ada TV ya udah kerjaan baca aja kalau di rumah," kenang sosok yang dikenal dengan sapaan Oneng ini.

Hasilnya, dari enam bersaudara, kata Oneng, lima di antaranya berhasil kuliah di kampus paling bergengsi yakni Universitas Indonesia. Termasuk dirinya.

Baca juga : Pemilu Makin Dekat, Menag: Agama Jangan Jadi Bahan Guyonan

"Orang tua saya mengatakan semiskin apapun kami, kalian jangan berhenti menuntut ilmu. Pasti ada jalan dari Allah Subhanahu Wa Taala, untuk manusia yang berjuang, untuk ilmu pengetahuan, untuk kebaikan," lanjutnya.

Tak cuma itu, untuk mengganjal perut kosongnya, politisi PDI Perjuangan ini tak pernah pilah-pilih makanan. Bahkan makanan yang disebut tidak masuk akal untuk dimakan saat ini.

"Pulang sekolah nyari metikin kangkung dulu gitu. Supaya ada protein, ayah saya bilang kita di sawah nyari bekicot. Direndam, pokoknya ini mahal kalau di Prancis mahal kata bapak gue, padahal emang gak ada makanan," ujar Oneng sambil tertawa.

Baca juga : Menko Polhukam Pastikan Perayaan Nataru Tahun Ini Berjalan Lancar

"Apa aja gua makan kecuali ulat bulu. Mau ulat yang hijau itu apa belalang apa itu protein tinggi ya ya alhamdulillah kalau udah tuanya jadi Oneng...He-he-he," ingatnya.

Simak cerita menarik Oneng selengkapnya di program Podlitics yang tayang di Rakyat Merdeka TV, klik di sini!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.