Dark/Light Mode

Dilantik Jokowi Hari Ini, Amran Sulaiman Resmi Jadi Mentan Lagi

Rabu, 25 Oktober 2023 09:25 WIB
Dilantik Jokowi Hari Ini, Amran Sulaiman Resmi Jadi Mentan Lagi

RM.id  Rakyat Merdeka - Andi Amran Sulaiman akhirnya kembali menjabat Menteri Pertanian (Mentan) sisa masa jabatan 2019-2024. Menjadi pejabat definitif, menggantikan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Mentan pada 6 Oktober 2023. Setelah Syahrul Yasin Limpo mengajukan surat pengunduran diri pada 5 Oktober 2023, karena tersandung kasus dugaan korupsi.

"Sebelum saya mengambil sumpah, berkenaan dengan pengangkatan Saudara sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju, dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Terlebih dahulu, saya akan bertanya kepada Saudara. Bersediakah Saudara untuk diambil sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi dalam pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Setelah Amran menjawab bersedia, Jokowi pun meminta Amran mengikuti dan mengulangi kata-kata yang diucapkannya. Berikut bunyi sumpah tersebut:

Baca juga : Amran, AHY Dikabarkan Jadi Menteri

"Saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," tutur Jokowi, mendiktekan sumpah jabatan untuk Amran. 

Setelahnya, Jokowi dan Amran menuju meja penandatanganan Berita Acara Pelantikan Menteri Pertanian sisa masa jabatan periode 2019-2024. Lagu kebangsaan Indonesia Raya pun diputar usai penandatanganan tersebut. 

Pelantikan ini antara lain dihadiri Menko Polhukam Mahfud Md, KSP Moeldoko, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Wamenlu Pahala Mansury. 

Sekilas Profil Amran

Baca juga : Amran Sulaiman Bakal Jadi Mentan Lagi, Foto Siap-Siap Ke Istana Sudah Beredar

Amran Sulaiman yang lahir di Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 27 April 1968 sebelumnya pernah menjabat Menteri Pertanian di era kepemimpinan pertama Jokowi, 2019-2024.

Bos Tiran Group ini menghabiskan sebagian besar kariernya di bidang pertanian. Dia juga tercatat sebagai dosen Ilmu Pertanian di almamaternya, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Menurut catatan silsilah, Amran yang memiliki empat anak dari pernikahannya dengan Martati, masih keturunan jauh Raja Bone ke-23.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.